Pelatihan Bikin Sate Bandeng oleh Mak Ganjar di Cilegon Jadi Inspirasi Peluang Usaha

Pelatihan Bikin Sate Bandeng oleh Mak Ganjar di Cilegon Jadi Inspirasi Peluang Usaha
Sejumlah ibu-ibu mengikuti pelatihan bikin sate bandeng yang digelar Mak Ganjar di Cilegon, Sabtu (9/9/2023). Foto: dokumen Mak Ganjar

jpnn.com, JAKARTA - Simpatisan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam jejaring Mak Ganjar kembali menggagas kegiatan kreatif dan inovatif guna memikat hati mak-mak di seluruh Indonesia.

Hal itu karena Mak Ganjar fokus pada pemberdayaan masyarakat khususnya kalangan ibu-ibu guna mendorong kemandirian perempuan agar lebih berdaya.

Di Banten, Relawan Mak Ganjar memberikan edukasi dan pelatihan membuat kuliner lezat sate bandeng kepada kaum ibu di daerah Cilegon.

Pelatihan itu digelar di Kampung Link. Ciluit, Kelurahan Deringo, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon dengan menghadirkan salah satu pelaku UMKM satai bandeng, Hj Siti sebagai mentor, Sabtu (9/9).

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Banten Siti Hani mengatakan sate ikan bandeng adalah kuliner khas Serang yang dibuat menggunakan rempah pilihan sehingga menciptakan harmonisasi rasa yang autentik.

"Kegiatan hari ini membuat sate bandeng itu, kan, ciri khas dari kuliner Banten ya. Nah, di sini kami kegiatannya di Cilegon atas permintaan dari mak-mak di sini," ucap Hani dikutip dari siaran pers.

Sate bandeng ini terbilang unik. Sebab, daging ikan tersebut terlebih dahulu dikeluarkan dan dipisahkan dari duri.

Lalu, daging tersebut dicampur adonan, dimasukkan lagi ke kulit ikan bandeng, dikukus dengan daun pisang, dan kemudian dibakar.

Mak Ganjar, sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo mengadakan pelatihan bikin sate bandeng di Cilegon. Ini jadi inspirasi peluang usaha.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News