Ganjar Dorong Transformasi 6 Pilar untuk Manfaatkan Bonus Demografi Indonesia

Ganjar Dorong Transformasi 6 Pilar untuk Manfaatkan Bonus Demografi Indonesia
Capres untuk Pilpres 2024 Ganjar Pranowo. Foto: Instagram/Ganjar Pranowo

jpnn.com, DEPOK - Bakal capres 2024 Ganjar Pranowo menjelaskan bahwa bonus demografi dapat menciptakan peluang emas bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dari data yang diperoleh Ganjar, Indonesia menghadapi situasi bonus demografi 44 persen ada di kelas menengah dan 68 persen ini tenaga produktif.

Menurut Ganjar, untuk menghadapi bonus demografi, Indonesia perlu melakukan transformasi dalam enam pilar strategis yang mencakup pangan, penegakan hukum, lingkungan, energi, digital, pendidikan, dan keterampilan.

"Ada transformasi dari enam pilar yang menurut saya cukup strategis dalam bonus demografi. Ada pangan, penegakan hukum, ada faktor lingkungan, energi, digital, pendidikan dan keterampilan," kata Ganjar saat mengisi kuliah kebangsaan di Gedung FISIP UI, Depok, Jawa Barat, Senin (18/9),

Menurut Ganjar, salah satu langkah penting yang telah diambil adalah peningkatan investasi dalam pendidikan dan pelatihan.

Dengan mempersiapkan angkatan kerja muda dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan, Indonesia dapat menghadapi tantangan global dengan lebih baik dan memaksimalkan kontribusi bonus demografi terhadap pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, pemerintah juga harus fokus pada penciptaan lapangan kerja. Dengan meningkatnya jumlah tenaga kerja muda, diperlukan upaya untuk memastikan bahwa ekonomi Indonesia dapat menciptakan pekerjaan yang cukup untuk mengakomodasi pertumbuhan populasi ini.

Bonus demografi juga memberikan peluang untuk mengembangkan sektor industri dan teknologi.

Ganjar Pranowo mendorong transformasi enam pilar untuk memanfaatkan bonus demografi yang akan dihadapi Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News