Ganjar Genjot Target Pertumbuhan Ekonomi 6 Persen

Ganjar Genjot Target Pertumbuhan Ekonomi 6 Persen
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. Foto dok Pemprov Jateng

jpnn.com, JAWA TENGAH - Jawa Tengah (Jateng) menjadi provinsi dengan realisasi proyek strategis nasional (PSN) terbesar se-Indonesia pada 2022.

Berdasarkan data Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), Jateng berhasil menyerap PSN senilai Rp 3,68 triliun dari total APBN sebesar Rp 134,46 triliun.

Adapun, PSN yang telah direalisasikan di Provinsi Jateng antara lain jalan tol, bendungan, irigasi, jalur kereta api, hingga pelabuhan. Salah satu pembangunan terbanyak adalah fasilitas jalan tol.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani berharap, jalan tol yang dibangun bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Jateng. Menkeu berharap, pertumbuhan ekonomi Jateng bisa menyentuh angka 6 persen.

Hal itu dikatakan Sri Mulyani setelah meninjau proyek Jalan Tol Solo-Yogyakarta bersama Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Colomadu, Ngasem, Colomadu, Karanganyar, Jateng, pada Senin (27/2).

“Bisa tumbuh enam persen ya Pak Ganjar. Kami berharap setelah seluruh jalan tol ini terkoneksi, masyarakat bisa mobile, jalur ekonominya lebih lancar dan masyarakat juga bisa melakukan kegiatan yang bisa menimbulkan dampak ekonomi,” kata Sri Mulyani.

Menanggapi hal itu, Ganjar menyebut pihaknya akan menggenjot target pertumbuhan ekonomi sebesar 6 persen. Terutama setelah proyek Tol Solo-Yogyakarta selesai dan bisa dilintasi masyarakat.

“Harapannya, kalau itu sudah jalan semuanya kami mesti menggunakan, memanfaatkan itu agar kemudian pertumbuhan ekonominya bisa menjadi jauh lebih tinggi, lebih cepat,” kata Ganjar.

Dalam kesempatan bersama Sri Mulyani dan Basuki, Ganjar juga mendengar testimoni dari sebagian masyarakat terdampak proyek tol Solo-Yogyakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News