Ganjar-Mahfud Mendapat Apresiasi Karena Jadikan Korupsi Penghambat Pertumbuhan Ekonomi

Ganjar-Mahfud Mendapat Apresiasi Karena Jadikan Korupsi Penghambat Pertumbuhan Ekonomi
Capres RI Ganjar Pranowo dan Cawapres RI Mahfud MD atau Ganjar - Mahfud. Foto/Arsip: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti Pusat Studi Anti Korupsi (SAKSI) Fakultas Hukum (FH) Universitas Mulawarman (Unmul) Herdiansyah Hamzah bersepakat dengan cawapres nomor urut 3 di Pilpres 2024 Mahfud MD yang menyebut korupsi menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi dalam debat cawapres pada Jumat, 22 Desember 2023.

“Betul kata Mahfud, korupsi memang faktor penghambat utama investasi masuk ke Indonesia,” tegas sosok yang akrab disapa Castro tersebut di Jakarta, Selasa (26/12/2023).

Castro juga menyitir data World Economic Forum (WEF) yang menunjukkan korupsi sebagai musuh utama investasi.

“Menurut World Economic Forum (WEF) dalam Global Competitiveness Report tahun 2018, dari 16 variabel penghambat investasi, korupsi menempati urutan pertama. Di bawahnya ada regulasi, inefisiensi birokrasi, pajak, pembiayaan, dan lain-lain,” ujarnya.

Menurut Castro, Mahfud yang berpasangan dengan capres Ganjar Pranowo itu merupakan sosok dengan rekam jejak yang baik dalam upaya pemberantasan korupsi.

“Kalau soal komitmen Mahfud, bisa dilacak jejak digitalnya. Setidaknya selama menjabat Menko Polhukam, dia beberapa kali mendorong penyelesaian kasus-kasus dugaan korupsi yang kontroversial. Mulai dari dugaan Rp 349 triliun transaksi pajak gelap di Kemenkeu, Rafael Alun, hingga Lukas Enembe,” ujar Castro.

Sementara itu, Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana mengatakan komitmen pemberantasan korupsi oleh Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden perlu dikonsolidasikan dengan partai politik pengusung mereka.

“Yang jadi problem ketika mereka bicara substansi hukum, satu di antaranya yang banyak disinggung paslon nomor satu, dua dan tiga, di antaranya RUU Perampasan Aset, yang belum dijawab tantangan dari RUU ini untuk disahkan. Ini berada di DPR, ada kader partai politik pengusung mereka,” ujar Kurnia, Selasa (26/12).

Herdiansyah Hamzah bersepakat dengan cawapres nomor urut 3 di Pilpres 2024 Mahfud MD yang menyebut korupsi menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News