21 Rencana Program Ganjar-Mahfud untuk Menyejahterakan Masyarakat

21 Rencana Program Ganjar-Mahfud untuk Menyejahterakan Masyarakat
Capres-cawapres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Capres dan cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengusung 21 program unggulan untuk menyejahterakan rakyat Indonesia.

Semua program itu diyakini ma?uk akal umtuk direalisasikan dalam waktu lima tahun.

Jubir TPN Ganjar-Mahfud, Aryo Seno Bagaskoro mengatakan 21 program yang Mahfud sampaikan saat debat cawapres membutuhkan anggaran sebesar Rp503 Triliun.

“Ini jauh lebih hemat, efektif, dan detail menyasar rakyat dibandingkan program makan siang gratis yang membutuhkan anggaran kurang lebih Rp400 triliun,” kata Aryo.

Program tersebut, antara lain 1 Keluarga Miskin, 1 Sarjana; 1 Desa, 1 Faskes, 1 Nakes; KTP Sakti, Guru Ngaji Dapat Gaji.

Menurut Aryo, program itu dibuat berdasarkan hasil kajian para ahli.

“Semuanya didasarkan pada riset, pandangan, dan simulasi para pakar multidisiplin ilmu, dan aspirasi rakyat yang didengarkan oleh Ganjar-Mahfud saat berkeliling ke berbagai daerah. Jadi tidak berangkat dari udara hampa,” ujarnya.

Menurut Aryo, Ganjar-Mahfud mendesain program yang lebih bersifat sebagai "kail", daripada menebar "ikan". Ide itu diyakini akan lebih mampu memotong kemiskinan daripada program makan siang gratis.

Ganjar-Mahfud mendesain program yang lebih bersifat sebagai kail, daripada menebar ikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News