JPNN.com

Ganjar Membeberkan Daftar Daerah-daerah yang Harus Waspada Penyebaran Covid-19 Saat Ini

Sabtu, 04 Juli 2020 – 06:45 WIB
Ganjar Membeberkan Daftar Daerah-daerah yang Harus Waspada Penyebaran Covid-19 Saat Ini - JPNN.com
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Instagram

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan daerah-daerah yang dekat dengan Semarang dan jalur Semarang-Surabaya untuk berhati-hati pada penyebaran covid-19.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh KawalCovid19 per 1 Juli 2020, wilayah di Jawa Tengah yang masih zona merah adalah Kota Semarang, Kabupaten Demak, dan Kabupaten Jepara.

Daerah yang masih warna merah ke merah muda meliputi daerah yang berdekatan dengan tiga daerah tersebut. Yakni Kendal, Batang, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Grobogan, Blora, dan Rembang.

"Jadi kalau kita melihat seperti ini, betul. Maka kemarin di Rembang, saya minta untuk ada perhatian. Merahnya di Timur, ini kan mulai pelan-pelan ke Barat itu mulai muda. Begitu juga yang di Jawa Barat. Bentuknya sama," kata Ganjar sambil menunjukkan peta indeks kewaspadaan yang diperolehnya, di Puri Gedeh.

Kabupaten Rembang dan Kabupaten Blora merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Jawa Timur.

Keduanya masuk dalam jalur Semarang-Surabaya yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro yang merupakan daerah warna merah dan merah muda.

Sementara Tuban dan Bojonegoro berkorelasi dengan Lamongan, Gresik, dan Kota Surabaya. Gresik dan Kota Surabaya merupakan daerah dengan warna merah tua atau indeks kewaspadaan tinggi yakni level 6.

Sementara daerah-daerah di Jawa Tengah bagian Selatan dan Tengah ke arah Barat warnanya relatif merah muda ke putih. Begitu juga dengan wilayah Solo Raya. Menurut Ganjar hal itu membuktikan bahwa setiap daerah itu memiliki korelasi terkait persebaran Covid-19.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia