Ganjar Mengajak Masyarakat Menerapkan Ekonomi Sirkular dalam Memanfaatkan Sampah

Perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Provinsi Jateng 2023

Ganjar Mengajak Masyarakat Menerapkan Ekonomi Sirkular dalam Memanfaatkan Sampah
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menghadiri peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia 2023 tingkat Provinsi Jateng di Kabupaten Tegal, Selasa (4/7/2023). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)

jpnn.com - TEGAL - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri langsung puncak perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Provinsi Jateng Tahun 2023 di Taman Rakyat Slawi Ayu, Kabupaten Tegal.

Kegiatan dilakukan dengan penanaman pohon, pertunjukkan seni, hingga pameran produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) bertema lingkungan hidup. 

Ganjar Pranowo yang menghadiri langsung kegiatan itu bersama masyarakat, ikut melakukan penanaman pohon sebagai simbol kepedulian terhadap lingkungan hidup.

"Semangatnya luar biasa, partisipasinya bagus. Bagaimana kita mencintai lingkungan, aksi riil menanam, aktivitas teman-teman aktivis tadi mereka bersih-bersih, mereka mengedukasi," ujar Ganjar, Selasa (4/7) dalam keterangan tertulis. 

Ganjar mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengelola sampah agar memiliki nilai ekonomis. Dia juga meminta masyarakat memilah sampah dari rumah. 

Kemudian, Ganjar mengajak masyarakat untuk menerapkan ekonomi sirkular dalam memanfaatkan sampah.

Ganjar menjelaskan bahwa sampah organik dan anorganik harus dipisahkan, agar memudahkan proses pengelolaan sehingga menjadi sesuatu yang bernilai.

"Yang organik diselesaikan di rumah dan tidak boleh keluar dari pekarangan. Yang bisa keluar yang anorganik, itu pun dipilah dan bisa dijual. Maka ini punya nilai tambah," papar Ganjar.

Ganjar Pranowo menyampaikan pesan saat peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News