JPNN.com

Ganjar Minta Masyarakat Bersatu Jaga Lingkungan dan Kebersihan Karimunjawa

Senin, 24 Agustus 2020 – 17:37 WIB
Ganjar Minta Masyarakat Bersatu Jaga Lingkungan dan Kebersihan Karimunjawa - JPNN.com
Gubernur Ganjar Pranowo memberikan sambutan pada acara Peresmian PDU (Pusat Daur Ulang) Karimunjawa melalui virtual zoom. Foto: Instagram

jpnn.com, SEMARANG - Kepulauan Karimunjawa di Kabupaten Jepara bisa menjadi contoh destinasi wisata yang mengutamakan ramah lingkungan dan menjaga ekosistem dengan baik.

Untuk itu edukasi kepada masyarakat serta dorongan aksi dan gerakan-gerakan masyarakat untuk peduli lingkungan dengan memilah sampah harus terus dilakukan.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memberikan sambutan dan dialog dalam acara peresmian Pusat Daur Ulang (PDU) Karimunjawa melalui virtual zoom di kantornya, Senin (24/8).

PDU Karimunjawa tersebut merupakan bantuan dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Menurut Ganjar, Karimunjawa memiliki ciri-ciri dengan pulau-pulau kecil sehingga sangat rentan sekali.

Dia mengatakan dalam membangun Karimunjawa orientasi utamanya harus pada aspek lingkungan. Artinya konsep pembangunan berkelanjutan di Karimunjawa harus kuat dalam wawasan lingkungan.

Jika pariwisatanya akan didorong maka diharapkan tidak terlalu masif dan harus ada kontrol.

"Mudah-mudahan Karimunjawa bisa menjadi objek. Bagaimana energi ramah lingkungan, kemudian kondisi lingkungan bisa terjaga ekosistemnya dengan baik. Bisa betul-betul ketika turis itu datang dengan penuh perhatian tinggi dari sisi aspek lingkungannya. Maka masivitas turis harus dikontrol," katanya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia