Ganjar Minta Sosialisasi Aplikasi PeduliLindungi pada Masyarakat Digencarkan

Ganjar Minta Sosialisasi Aplikasi PeduliLindungi pada Masyarakat Digencarkan
Gubernur Ganjar Pranowo saat mengikuti Rakor Uji Coba Protokol Kesehatan dan Aplikasi PeduliLindungi untuk di restoran, mal/pusat perbelanjaan, yang dipimpin Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan secara virtual. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah pusat tengah menyiapkan penerapan sistem aplikasi digital PeduliLindungi untuk memperlancar uji coba implementasi protokol kesehatan pada pusat perbelanjaan modern atau mal hingga restoran.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan hal itu merupakan angin segar bagi masyarakat khususnya bagi para pengusaha.

"Pemerintah sudah menyiapkan agar aplikasi PeduliLindungi itu menjadi yang pokok, sekarang persoalannya bagaimana kita mengimplementasi itu," ujar Ganjar usai mengikuti Rakor Uji Coba Protokol Kesehatan dan Aplikasi PeduliLindungi untuk di restoran, mal/pusat perbelanjaan, yang dipimpin Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan secara virtual, Senin (23/8).

Untuk itu, kata Ganjar, penggunaan aplikasi PeduliLindungi mesti digencarkan sosialisasinya kepada masyarakat sehingga, pada pelaksanaannya semuanya sudah mengaktifkan aplikasi tersebut.

Selain itu, masyarakat juga mesti diberi pemahaman. Apabila ketika masuk ke pusat perbelanjaan atau dan restoran, ada indikasi positif covid-19 maka harus mau langsung diisolasi.

"Mudah-mudahan sih minggu ini sudah ada beberapa contoh yang disiapkan, dan kami bisa segera tahu kesulitan-kesulitannya apa. Karena memang suka tidak suka, mau tidak mau harus memasuki kebiasaan baru," tuturnya.

Kepada pemerintah pusat, Ganjar juga mengusulkan agar pelaksanaannya dilakukan dengan uji coba di satu daerah dengan level PPKM tertentu.

"Kalau leveling-leveling gitu nanti harapan kami, punya contoh sehingga nanti semua orang akan bisa melakukan," katanya.

Gubernur Ganjar Pranowo penggunaan aplikasi PeduliLindungi mesti digencarkan sosialisasinya kepada masyarakat sehingga, pada pelaksanaannya semuanya sudah mengaktifkan aplikasi tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News