Ganjar Optimalkan Pengembangan DPSP Borobudur Untuk Tarik Minat Turis

Ganjar Optimalkan Pengembangan DPSP Borobudur Untuk Tarik Minat Turis
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat hadir di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pengembangan lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Magelang. Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, MAGELANG - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pengembangan lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) digelar di The Plataran Heritage Borobudur Hotel, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jumat (21/7).

Rakornas DPSP Semester I 2023 dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan untuk membahas sejumlah rencana pengembangan kawasan DPSP, termasuk Candi Borobudur.

Rapat dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Anas, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/BPN) Hadi Tjahjanto, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Seusai rapat, Luhut mengatakan sejumlah pengembangan yang akan dilakukan di kawasan Borobudur antara lain penataan kabel yang akan menggunakan metode kabel tanam, pembangunan health tourist destination, penerapan budaya kearifan lokal hingga pelatihan UMKM yang akan digarap lebih serius.

Luhut memperkirakan perekonomian Jawa Tengah akan naik hingga 6 persen di tahun 2024 seiring menjamurnya UMKM terlatih yang siap memproduksi souvenir atau merchandise Borobudur dengan lebih bagus dan matang.

"Itu akan berdampak kepada pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah ini yang akan bisa naik 6 persen atau lebih karena UMKM akan tumbuh. UMKM akan ditraining untuk mereka memberikan UMKM yang berkualitas," ujar Luhut dalam konferensi pers.

Sementara Ganjar menjelaskan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bakal menggalakkan pariwisata dan perekonomian di DPSP Borobudur dengan mengupayakan agenda event rutin dan kendaraan listrik ramah lingkungan.

Ganjar pun telah menggenjot konsep sport tourism di kawasan Borobudur, melalui event Tour de Borobudur dan Borobudur Marathon yang dalam pelaksanaannya selalu menarik banyak turis dan atlet dunia ke Magelang. Sehingga perekonomian daerah ikut meningkat.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berusaha mengembangkan DPSP Candi Borobudur untuk menarik minat turis dan pendapatan negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News