Ganjar: Pembangunan Desa Wisata Demi Kembangkan Ekonomi Daerah

Ganjar: Pembangunan Desa Wisata Demi Kembangkan Ekonomi Daerah
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ketika meninjau salah satu desa wisata di Kabupaten Pemalang. Dok tim media Ganjar.

jpnn.com, PEMALANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo telah menyerahkan bantuan keuangan senilai Rp 1 miliar untuk pengembangan desa wisata di Desa Sikasur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang. 

Bantuan yang dialokasikan sudah digunakan untuk membangun sejumlah sarana dan prasarana, hingga untuk perbaikan jalan sebagai akses menuju tempat wisata

"Bantuan keuangan yang kami berikan kepada desa-desa yang kemudian dikembangkan untuk desa wisata ternyata hasilnya bagus sehingga potensi desanya bisa dikembangkan," ujar Ganjar dalam siaran persnya, Selasa (2/8).

Adapun sejumlah tempat wisata yang diminta Ganjar menjadi prioritas pengembangan desa wisata di Kecamatan Belik, yakni Telaga Silating dan Curug Bengkawah. Keduanya digadang-gadang akan menjadi destinasi wisata unggulan. 

"Tadi ada air terjun curug Bengkawah. Itu bagus secara geologi, batunya sangat khas, satu bisa buat riset, dua untuk arung jeram. Sehingga orang bisa fun betul melalui susuran sungai," kata Ganjar. 

Namun, agar bisa menjadi desa wisata yang matang, Ganjar mendorong Pemkab Pemalang bersama-sama masyarakat mengelola dan menata kembali potensi wisata yang ada. 

Orang nomor satu di Jateng itu meminta agar desa-desa di seluruh Kecamatan Belik untuk berjejaring. Sebab, potensi wisatanya sangat banyak dan masih sangat memungkinkan untuk dikembangkan. 

Selain itu, pihak swasta hingga institusi pendidikan juga diharapkan bisa digandeng sebagai mitra pengembangan desa wisata

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyebut pembangunan desa wisata dilakukan demi pengembangan ekonomi daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News