Ganjar Pranowo Disematkan Gelar Warga Kehormatan Masyarakat Sunda

Ganjar Pranowo Disematkan Gelar Warga Kehormatan Masyarakat Sunda
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bermain angklung. Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, KOTA BANDUNG - Warga Tanah Pasundan diwakili sejumlah inohong (sosok) menyematkan gelar apresiasi Warga Kehormatan Masyarakat Sunda kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Gelar tersebut diberikan kepada Ganjar saat pria berambut putih itu menghadiri acara Silaturahmi Budaya Tokoh dan Inohong Sunda di Saung Angklung Udjo, Kecamatan Cibeunying, Kota Bandung.

Nuri Ispandji Firman, selaku perwakilan tokoh budaya Sunda menyematkan panggilan akang'dan juga memberikan baju Pangsi Sunda berwarna hitam sebagai simbol kehormatan untuk Ganjar Pranowo.

Dia pun menyebutkan alasan warga Tanah Pasundan memberikan gelar tersebut lantaran Ganjar dinilai sebagai sosok pemimpin yang sederhana, bersahaja, dan dekat dengan rakyat.

"Saya rasa darah yang mengalir di Pak Ganjar ini karena beliau ramah, beliau mencintai rakyatnya. Sehingga wajar kalau saya sebagai orang Sunda memberikan gelar warga kehormatan kepada beliau," ujar Kang Nuri dalam siaran persnya, Minggu (14/5).

Adapun sebutan Akang Ganjar dinilai sebagai sebutan untuk tokoh yang lebih tua, lebih terhormat dan memiliki reputasi yang baik bagi masyarakat.

Menurut Nuri, Ganjar merupakan sosok pemimpin yang tidak hanya berhasil membangun daerahnya, tetapi juga diterima dengan baik oleh seluruh masyarakat yang didatanginya.

Karena sifatnya itulah, sosok Ganjar disebut-sebut memiliki ciri-ciri kesatria bagi masyarakat bumi Tanah Pasundan.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendapat gelar warga kehormatan masyarakat Sunda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News