Ganjar Pranowo Eksekusi Potensi Sumber Daya Alam di Jateng

Ganjar Pranowo Eksekusi Potensi Sumber Daya Alam di Jateng
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, MAGELANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo membawa provinsinya meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2023 dari Bappenas.

Pada penghargaan tersebut Provinsi Jateng dinobatkan sebagai daerah dengan perencanaan dan pencapaian pembangunan terbaik. Penghargaan ini telah tiga kali diterima Ganjar, yakni tahun 2019, 2020, dan 2023.

Di bawah kepemimpinan Ganjar, Pemprov Jateng dinilai dapat menyusun perencanaan berkualitas dan mencapai target-target pembangunan daerah.

Penilaiannya ini tak lepas dari upaya Ganjar yang menginisiasi sirkular ekonomi hingga ke tingkat desa. Sirkular ekonomi bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya alam, mengurangi limbah, dan mempromosikan keberlanjutan tersebut.

“Sekarang mesti kami dorong terus menerus maka mulai kami berkomunikasi dengan industri, berkomunikasi dengan kelompok masyarakat,” kata Ganjar dalam siaran persnya, Senin (5/6).

Ganjar sendiri mengembangkan energi baru terbarukan (EBT). Ganjar mengeksekusi potensi sumber daya alam Jateng seperti panas matahari, gas rawa, geothermal, termasuk juga angin, dan air.

Lewat sumber daya alam itu, Ganjar mampu memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat. Bahkan pemanfaatannya bisa dirasakan di rumah-rumah warga hingga instansi pendidikan.

Sebut saja pemanfaatan gas rawa sebagai pengganti gas LPG 3 Kg di Desa Krendowahono Karanganyar atau memanfaatkan panas matahari melalui PLTS atap untuk Pondok Pesantren di Kudus.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengeksekusi potensi sumber daya alam yang ada di wilayahnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News