Survei LSI: Ganjar Rebound Berlanjut, Kalahkan Prabowo dan Anies

Survei LSI: Ganjar Rebound Berlanjut, Kalahkan Prabowo dan Anies
Ilustrasi - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Fenomena suara dukungan Ganjar Pranowo rebound terus berlanjut. Hal ini terlihat dari hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis secara daring, Rabu (30/8). 

Dalam simulasi tertutup tiga nama, bakal calon presiden Ganjar menunjukkan dominasinya sebagai calon yang paling banyak dipilih. 

Elektabilitas Ganjar sebanyak 37 persen. Dia menjadi yang teratas mengalahkan Prabowo Subianto yang memperoleh 35,3 persen, sedangkan Anies Baswedan sebanyak 22,2 persen. 

"Simulasi tiga nama, Ganjar paling tinggi 37 persen, kemudian Prabowo 35,3 persen, Anies 22,2 persen dan belum menjawab 5,5 persen," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan saat memaparkan hasil surveinya.

Djayadi mengatakan Ganjar mengalami kenaikan pesat sejak April 2023. Pada April Ganjar mendapatkan 26,9 persen, sekarang menjadi 37 persen.

Survei ini dilakukan pada 3-9 Agustus 2023. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. 

Dari populasi itu dipilih secara random (multi stage random sampling )1.220 responden.

Dari populasi itu dipilih secara random (multi stage random sampling) 1.220 responden. Margin of error dari 1.220 responden tersebut sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (dengan asumsi simple random sampling). 

Dalam survei terbaru yang dirilis LSI, elektabilitas Ganjar Pranowo mampu mengalahkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News