Ganjar Sejati Gelar Pelatihan Pembuatan Kerupuk Banyu Pindang di Cirebon

Ganjar Sejati Gelar Pelatihan Pembuatan Kerupuk Banyu Pindang di Cirebon
Pelatihan pembuatan kerupuk banyu pindang yang diadakan Ganjar Sejati. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, CIREBON - Sukarelawan Ganjar Sejati menyelenggarakan pelatihan pembuatan kerupuk banyu pindang di Desa Wangun Harja, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, pada Rabu (19/7).

Koordinator lapangan sukarelawan Ganjar Sejati, Acung mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari program sosial untuk pemberdayaan masyarakat desa di bidang kuliner dan ekonomi kreatif.

"Pelatihan pembuatan kerupuk banyu pindang, pelatihan yang olahannya dengan dasarnya dari air pindang," ujar Acung dalam siaran persnya.

Menurut dia, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya lokal dan memberikan pelatihan kepada masyarakat dalam mengembangkan usaha kerupuk tradisional.

Kerupuk banyu pindang merupakan kerupuk yang terbuat dari tepung, air ikan pindang hingga cita rasa untuk kerupuk.

Kerupuk itu salah satu jenis kerupuk tradisional khas daerah Cirebon yang memiliki cita rasa khas, dan telah menjadi bagian penting dari kuliner tradisional masyarakat setempat.

"Tujuannya masyarakat untuk bisa memperoleh (penghasilan) tambahan dari pembuatan kerupuk banyu pindang, juga selain itu menambah keterampilan-keterampilan," kata Acung.

Acung memaparkan pada sesi pelatihan, peserta diajarkan tentang pemilihan bahan baku, proses pengolahan, pemotongan sesuai ukuran, pengeringan, serta langkah-langkah menggoreng hingga akhirnya kerupuk dikemas dan siap untuk dijual.

Sukarelawan Ganjar Sejati mengajarkan warga Cirebon membuat kerupuk banyu pindang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News