Ganjar Siap Menenggelamkan Kapal Asing yang Mencuri Ikan di Laut Indonesia

Ganjar Siap Menenggelamkan Kapal Asing yang Mencuri Ikan di Laut Indonesia
Capres RI Ganjar Pranowo saat bertemu nelayan dan sukarelawan di Kantor Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (9/1/2024). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela

jpnn.com - CILACAP - Calon Presiden RI nomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo menyatakan siap menenggelamkan kapal asing yang melakukan pencurian ikan di laut Indonesia.

Ganjar menyampaikan itu saat bertemu dengan nelayan dan sukarelawan di Kantor Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (9/1).

"Ada namanya penangkapan ikan secara ilegal, maka saya setuju sama Ibu Susi (mantan Menteri Kelautan dan Perikanan). Nyolong (ikan), tenggelamkan (kapalnya)," kata Ganjar.

Dia mengatakan bahwa Indonesia harus memiliki kedaulatan laut, sehingga pemerintah harus mengambil sikap tegas.

"Masih banyak sekali (illegal fishing) karena potensi kita besar banget. Maka, perlu adanya, satu, pengamanan," ungkapnya.

Menurutnya, pengamanan itu dilakukan dengan melibatkan semua pemangku kepentingan, seperti TNI, Polri, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Tenaga Kerja.

"Ini yang perlu memberikan dukungan fasilitas agar kita bisa memantau itu dengan gampang. Butuh radar, butuh sonar, butuh kapal cepat," jelas Ganjar.

Selain itu, butuh titik-titik logistik agar petugas patroli di laut bisa efisien. Namun, jika masih terjadi illegal fishing, maka Ganjar siap menenggelamkan kapal itu.

Ganjar Pranowo siap menenggelamkan kapal ikan asing yang melakukan pencurian ikan di perairan Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News