Ganjar Targetkan Setiap Desa Ada Puskesmas Untuk Wujudkan Indonesia Emas

Ganjar Targetkan Setiap Desa Ada Puskesmas Untuk Wujudkan Indonesia Emas
Bacapres 2024 Ganjar Pranowo ketika menjadi pembicara dalam kuliah kebangsaan di UI, Depok, Jawa Barat. Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, DEPOK - Masalah kesehatan menjadi perhatian serius oleh bakal capres 2024, Ganjar Pranowo. Untuk itu, salah satu program yang akan diusungnya dalam pertarungan Pilpres 2024 adalah mewujudkan Satu Desa Satu Puskesmas dan Satu Dokter.

Hal itu disampaikan Ganjar saat mengisi kuliah kebangsaan di FISIP Universitas Indonesia, Senin (18/9). Di hadapan para dosen dan mahasiswa UI, Ganjar memaparkan ide dan gagasannya mewujudkan Indonesia Emas, salah satunya sektor kesehatan.

"Untuk menuju Indonesia Emas, masyarakat harus makmur, sehat, pintar dan produktif. Nah soal kesehatan ini, masih banyak PR yang harus kita selesaikan," kata Ganjar.

Harus diakui, fasilitas kesehatan di Indonesia masih belum memadai. Masih banyak masyarakat yang berobat ke dukun karena akses kesehatan memang belum ada.

"Untuk itu, saya menargetkan ke depan harus terpenuhi satu desa satu puskesmas dan satu dokter. Agar masyarakat mudah mengakses fasilitas kesehatan di manapun mereka berada," kata dia.

Selain membangun sarana prasarana, hal yang pertama dilakukan Ganjar adalah membenahi sistem pendidikan di Indonesia. Sampai saat ini, image sekolah kedokteran adalah sulit dan sangat mahal.

"Saya punya pengalaman mendampingi perguruan tinggi yang ingin mengusulkan dibukanya prodi kedokteran. Itu sulitnya minta ampun. Padahal kita masih kekurangan dokter, kan harusnya ini dipermudah," kata dia.

Belum lagi kualitas dokter yang belum optimal. Sampai saat ini lanjut Ganjar, masih banyak orang Indonesia yang memilih berobat ke luar negeri.

Bacapres 2024 Ganjar Pranowo menargetkan satu desa satu puskesmas untuk mewujudkan Indonesia Emas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News