Jadi Pembicara di UI, Ganjar Mampu Jaga Independensi dari Istilah Petugas Partai

Jadi Pembicara di UI, Ganjar Mampu Jaga Independensi dari Istilah Petugas Partai
Bakal capres Ganjar Pranowo saat menjadi pembicara pada Kuliah Kebangsaan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), Depok, Jawa Barat, Senin (18/9). Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Saidiman Ahmad memuji penampilan Ganjar Pranowo dalam Kuliah Kebangsaan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), Depok, Jawa Barat, Senin (18/9).

Saidiman menyebut bakal capres di Pilpres 2024 itu mampu menunjukkan independensi dalam relasinya dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Ganjar cukup independen. Tidak terlihat dia jadi boneka siapa pun, bahkan sebelumnya, partainya sendiri terlihat agak kritis pada Ganjar,” kata Saidiman.

Peneliti di Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) itu lantas mengomentari istilah 'petugas partai' yang disematkan kepada kader-kader PDIP.

Saidiman menyebut penggunaan istilah 'petugas partai' lebih sebagai cara parpol pimpinan Megawati Soekarnoputri itu mengingatkan para kadernya, terutama yang di eksekutif, berpegang teguh pada ideologi.

“Istilah petugas partai digunakan agar para kader itu tidak keluar dari benteng ideologis partai ketika menjalankan pemerintahan,” tuturnya.

Saidiman juga menyinggung soal cerita Ganjar di depan mahasiswa UI mengenai dinamika di internal PDIP sebelum Megawati memutuskan mantan gubernur Jawa Tengah itu sebagai bakal capres.

Ganjar berkali-kali menjadi sasaran pernyataan kritis yang dilontarkan sesama kader PDIP. Misalnya, Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto menyebut Ganjar sudah 'kemajon' (terlalu maju) dan 'kemimnter' (sok pintar).

Namun, pada 21 April 2023, para kader PDIP langsung satu suara ketika Megawati memutuskan Ganjar menjadi bakal capres. Bambang pacul pun termasuk aktif menggalang dukungan bagi Ganjar.

Penampilan Ganjar Pranowo ketika menjadi pembicara di UI menunjukkan dirinya sangat independensi dan jauh dari istilah petugas partai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News