Ganjar Terima Kunjungan Boris Zurcher, Perkuat Kerja Sama dengan Pemerintah Swiss

Ganjar Terima Kunjungan Boris Zurcher, Perkuat Kerja Sama dengan Pemerintah Swiss
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menerima kunjungan Direktur Bidang Ketenagakerjaan dan Ekonomi Kementerian Sekretariat Swiss, Boris Zurcher untuk membahas peningkatan kerja sama. Foto dok Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menerima kunjungan Direktur Bidang Ketenagakerjaan dan Ekonomi Kementerian Sekretariat Swiss, Boris Zurcher untuk membahas peningkatan kerja sama.

Dalam pertemuan tersebut, Ganjar menawarkan sejumlah potensi kerja sama di berbagai sektor dan juga destinasi pariwisata di Jateng.

"Pertemuan ini untuk meningkatkan kerja sama dan beberapa kerja sama sudah dilakukan, satu terkait dengan pelatihan, capacity building, beberapa di antaranya bekerja sama dengan Kadin Jawa Tengah," ujar Ganjar seusai pertemuan di Ruang Rapat Kantor Gubernur Jateng, Kota Semarang pada Selasa (22/11).

Politikus PDIP ini menjelaskan, Swiss merupakan negara di posisi ke-7 dengan realisasi investasi di Jateng terbesar yang pada 2022 mencapai 50.285,80 USD.

Oleh karena itu, iklim kerja sama yang telah terjalin harus dijaga dan ditingkatkan agar hubungan keduanya tetap lancar.

Di antaranya, kerja sama perdagangan karbo, mengingat potensi mangove dan hutan di Jateng yang memadai.

Diharapkan, bertambahnya kerja sama yang terjalin antara Jateng dan Swiss akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, bahkan nasional.

"Karbon trade ini menjadi suatu isu yang cukup menarik. Jawa Tengah punya potensi itu dan mangrove kita buat, hutan kita jaga, sebenarnya juga bisa kita perdagangkan di sana," jelas Ganjar.

Boris juga mengapresiasi iklim bisnis Jateng di bawah kepemimpinan Ganjar yang kian kondusif dengan adanya program pelayanan terpadu satu pintu (PTSP).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News