Ganjar Tidak Sekadar Mengkritisi Prabowo soal Alutsista, tetapi Punya Solusinya

Ganjar Tidak Sekadar Mengkritisi Prabowo soal Alutsista, tetapi Punya Solusinya
Ganjar Pranowo (berjaket hijau) bersawala dengan Prabowo Subianto dalam Debat Ketiga Capres pemilu 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, CILACAP - Kontestan bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo mengatakan dirinya tidak sekadar mengkritik Prabowo Subianto soal pengadaan alat utama sistem persenjataan atau alutsista dalam Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 pada Minggu lalu (7/1/2024).

Ganjar menegaskan dirinya juga menyodorkan solusi, terutama tentang penguatan industri dalam negeri untuk alutsista.

"Pembelian alutsista itu sebenarnya dalam konteks governance (tata kelola pemerintahan, red) yang penting. Yang kedua adalah pengembangan industri pertahanan dalam negeri," ujar Ganjar saat bersafari di Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (9/1/2024).

Gubernur Jateng periode 2013-2018 dan 2018-2023 itu mencontohkan PT PAL Indonesia. Menurut Ganjar, salah satu BUMN industri strategis itu menjalin kerja sama dengan Korea Selatan untuk memproduksi kapal selam.

Namun, saat ini kerja sama pembuatan kapal selam itu tidak ada kelanjutannya.

"Maka saya contohkan bagaimana PT PAL membuat kapal selam yang sudah kerja sama dengan Korsel itu mesti dilanjutkan, jangan dipotong karena itu kekuatan bangsa, ya, kekuatan anak bangsa yang ada teknologi yang mesti kita jaga," katanya.

Ganjar menambahkan harus ada konsistensi dalam perencanaan untuk memperkuat pertahanan dan keamanan negara.

“Jangan bolak-balik. Sekali lagi itu (konsistensi, red) penting, maka butuh disusun buku putih pertahanan Indonesia," kata capres yang berpasangan dengan Mahfud Md itu.(ast/jpnn.com)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Sukarelawan wanita tani di Pringsewu mendeklarasikan dukungan bagi paslon nomor urut tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News