Ganjar Ungkap Peran Penting Tokoh Agama Ketika Temui Pimpinan Ponpes se-Sumut

Ganjar Ungkap Peran Penting Tokoh Agama Ketika Temui Pimpinan Ponpes se-Sumut
Bacapres 2024 Ganjar Pranowo menemui tokoh agam dan pengurus ponpes di Deli Serdang. Dok: tim media Ganjar.

jpnn.com, DELI SERDANG - Bakal capres Pemilu 2024 Ganjar Pranowo bersilaturami dengan pimpinan-pimpinan pondok pesantren (ponpee) se-Sumatera Utara di Pesantren Darularafah Raya, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (10/11) malam.

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengatakan peran para tokoh agama sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, terutama dalam menyelesaikan berbagai masalah di masyarakat.

Mantan gubernur Jawa Tengah dua periode itu selalu melibatkan para ulama dalam mengambil kebijakan.

"Suatu ketika saya jadi gubernur Jawa Tengah, persoalan yang ada di masyarakat itu gampang diselesaikan, ketika tokoh agama ini berkumpul, bertemu dan berdialog seperti ini," ungkap Ganjar.

Ganjar kemudian menceritakan suatu ketika mendapatkan aduan berbagai masalah yang ada di masyarakat terkait dengan kebutuhan finansial, seperti belum bayar cicilan, terlilit hutang hingga biaya rumah sakit.

Ganjar mengakui pada saat itu APBD Jawa Tengah terbatas, terutama pada saat pandemi Covid-19.

Ganjar lantas berdiskusi dengan tokoh agama dalam pengembangan zakat, infak dan sedekah yang dilakukan oleh pegawai Pemprov Jateng.

Data yang diperoleh, dari sekitar 40 ribu pegawai Pemprov Jateng, zakat diperoleh hanya sekitar Rp 100 juta sampai Rp 200 juta. Hal itu dinilai belum maksimal.

Bacapres 2024 Ganjar Pranowo menyebut peran tokoh agama sangat penting dalam pemerintahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News