Ziarah di Makam Leluhur Lamongan, Ganjar Creasi Kenang Jasa Para Pahlawan

Ziarah di Makam Leluhur Lamongan, Ganjar Creasi Kenang Jasa Para Pahlawan
Ganjar Creasi saat ziarah di makam para leluhur. Foto: dok. GC

jpnn.com, LAMONGAN - Kelompok sukarelawan Ganjar Creasi mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur untuk memeringati Hari Pahlawan, Jumat (10/11) malam.

Para sukarelawan dari Generasi Alumni Muda Universitas Brawijaya (UB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Airlangga (Unair) itu juga melakukan doa bersama dengan para pemuda setempat.

“Tujuannya kami mendoakan leluhur kita terutama para pahlawan. Supaya, doa yang kami panjatkan terus mengalir dan juga kami bisa meneladani sifat dari pahlawan kami supaya kita juga bisa melakukan (perjuangan) seperti itu,” kata Koordinator Ganjar Creasi Jawa Timur, Wildan Hilmi.

Kegiatan yang digelar di Desa Somowinangun, Kecamatan Karangbinangun, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur itu diawali dengan nonton bareng pertandingan Piala Dunia U-17 antara Timnas Indonesia melawan Tim Ekuador.

Setelah itu, para pemuda diajak berdiskusi tentang sejarah dan perjuangan para pahlawan pada era penjajahan sampai kemerdekaan Indonesia sehingga pengetahuan mereka tentang hal itu pun bisa bertambah.

“Sudah, saya rasa teman-teman di sini sudah banyak yang tahu mengenai sejarah Lamongan itu seperti apa. Bagaimana terbentuknya Kabupaten Lamongan itu seperti apa (setelah mengikuti diskusi),” kata Wildan.

Menurut Helmi Tantowiyahya yang bertugas sebagai pemateri diskusi tersebut, para peserta diajak mendoakan para pahlawan sebagai bentuk penghormatan atau terima kasih atas jasa-jasa mereka.

“Salah satunya juga (mendoakan) pahlawan yang ada di Kabupaten Lamongan dan juga yang memprakarsai berdirinya Desa Somowinangun,” kata Helmi saat diwawancarai seusai kegiatan.

Para sukarelawan Ganjar Creasi berharap Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD akan memerhatikan pelestarian tempat-tempat bersejarah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News