Ganjaran Buruh Berjuang Siap Ciptakan Harmonisasi Hubungan Industrial

Ganjaran Buruh Berjuang Siap Ciptakan Harmonisasi Hubungan Industrial
Ganjaran Buruh Berjuang Ingin Ciptakan Harmonisasi Hubungan Industrial. Foto: Sukarelawan Ganjar

jpnn.com - Konsep Hubungan Industrial (HI) yang digagas kelompok relawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) melalui pembentukan Komisi Nasional (Komnas) HI membawa angin segar untuk kalangan kaum buruh dan manajemen perusahaan.

Pasalnya, Komnas HI akan menjadi sebuah lembaga yang menjembatani kepentingan antara buruh, perusahaan, dan pemerintah guna menyelesaikan segala persoalan terkait hubungan industrial.

Sosialisasi terus dilakukan kepada kalangan buruh, manajemen perusahaan dan HRD, hingga serikat Forum Musyawarah Hubungan Industrial (FMH) untuk mewujudkan cita-cita dari GBB tersebut

Abiin selaku salah satu buruh di PT Pandanarum Kenanga Textile (Panamtex) menilai keberadaan Komnas HI yang digagas loyalis Ganjar Pranowo dan Mahfud MD ini sangat dibutuhkan.

Hal ini diungkapkan Abiin setelah mengikuti acara GBB Goes to Pabrik Bazar Ketahanan Pangan Buruh di PT Panamtex, Desa Pandanarum, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (16/11/23).

"Kalau memang ini nanti akhirnya bisa menjadi satu komisi nasional tertentu, yaitu Komisi Nasional Hubungan Industrial kami memandang sangat positif sekali," ucap Abiin.

Namun, pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Pekalongan ini memberikan catatan bahwa Komnas HI harus betul-betul memerhatikan kepentingan dan kesejahteraan kaum buruh sehingga menjadi secercah harapan untuk mewujudkan hubungan industrial berlandaskan pancasila.

Berbagai persoalan yang hingga kini masih menghantui kalangan pekerja mulai dari upah pekerja, pemenuhan kebutuhan dan kesejahteraan hidup, pemutusan hubungan kerja (PHK), hingga tunjangan sosial dan kesehatan.

Ganjaran Buruh Berjuang Ingin Ciptakan Harmonisasi Hubungan Industrial, Begini Respons Buruh dan HRD Perusahaan di Pekalongan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News