Gara-gara Ini, Facebook Tuntut Dua Pengembang Aplikasi Android

Gara-gara Ini, Facebook Tuntut Dua Pengembang Aplikasi Android
Facebook. Foto : Engadget

jpnn.com - FACEBOOK baru saja mengajukan tuntutan hukum kepada dua pengembang aplikasi Android karena menggunakan malware untuk memalsukan klik pada banyak iklan.

Adapun pengembang yang dituntut oleh Facebook ialah JediMobi berbasis di Hongkong dan LionMobi asal Singapura, merupakan anggota dari program Audience Network milik Facebook.

Diketahui, Audience Network merupakan platform iklan Facebook yang berfungsi tidak jauh berbeda dengan Google AdSense. Pemilik situs atau aplikasi yang terdaftar dalam program ini akan menampilkan iklan dari Facebook.

BACA JUGA : Facebook Belum Yakin Warganet Tahu Jika Instagram dan WhatsApp Miliknya

Nantinya, pemilik situs atau aplikasi akan mendapatkan uang ketika iklan diklik oleh pengguna. Namun, dalam kasus ini, Facebook menuduh kedua pengembang itu memalsukan banyak klik yang sebenarnya bukan berasal dari manusia.

Menurut Facebook, kedua pengembang itu membuat aplikasi Android yang berisi malware. Malware itu akan memasulkan klik dari pengguna pada iklan yang ditayangkan Facebook.

Kedua pengembangan itu merupakan aplikasi sederhana, seperti membersihkan memori ponsel, penghemat baterai, pemindai virus dan aplikasi note pad.

BACA JUGA : Pendiri Apple Imbau Warga Dunia Tinggalkan Facebook

Audience Network merupakan platform iklan Facebook yang berfungsi tidak jauh berbeda dengan Google AdSense.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News