Gara-gara Ini, Pertamina Geothermal Energy Rugi Ratusan Miliar per Tahun

Gara-gara Ini, Pertamina Geothermal Energy Rugi Ratusan Miliar per Tahun
Ilustrasi Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Pertamina Geothermal Energy (PGE) berpotensi mengalami kerugian ratusan miliar per tahun. Potential lost itu terjadi karena kerusakan turbin pada Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Unit I Kamojang, di Bandung Jawa Barat.

Tak tanggung-tanggung, Pertamina menghadapi potential lost mencapai Rp 196 miliar setiap tahun. Akibat kerusakan itu, PGE Area Kamojang terpaksa menghentikan aktivitas produksi (shutdown) sumur I sejak April 2014. PLTP Unit I Kamojang sendiri dioperasikan oleh PT Indonesia Power.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro mengatakan, Pertamina selaku induk usaha PGE akan melakukan koordinasi dengan PT PLN Persero yang merupakan induk usaha Indonesia Power.

"Kami sudah lakukan pembicaraan dan terus berkoordinasi terkait kerusakan turbin di PLTP Unit I Kamojang. Kewenangan kegiatan operasional PLTP Kamojang Unit I berada di tangan Indonesia Power, jika penanganan turbin cepat selesai, produksi juga bisa berjalan dan kerugian bisa dihindari," kata Wianda, Senin (2/11).

Ia menambahkan, Pertamina berharap perbaikan bisa segera dilakukan mengingat peran PLTP Kamojang sangat vital guna memperkuat pasokan listrik. (rm/jos/jpnn)

JAKARTA – Pertamina Geothermal Energy (PGE) berpotensi mengalami kerugian ratusan miliar per tahun. Potential lost itu terjadi karena kerusakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News