Gardu Ganjar Serahkan Bantuan Mesin Pompa Air kepada Petani di Lebak

Gardu Ganjar Serahkan Bantuan Mesin Pompa Air kepada Petani di Lebak
Gardu Ganjar menyerahkan bantuan mesin pompa air kepada para petani di Lebak. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, LEBAK - Sukarelawan Gerakan Desa untuk (Gardu) Ganjar jaringan Jawara Banten ikut berkontribusi menyelamatkan petani dari gagal panen karena cuaca ekstrem yang belakangan melanda beberapa daerah.

Gardu Ganjar kali ini memberikan bantuan mesin pompa air kepada para petani di Desa Buyut Mekar, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Banten, pada Jumat (11/8). Dengan adanya mesin pompa itu, lingkungan sawah di desa tersebut tetap terjaga dan teraliri air dengan baik.

Koordinator Gardu Ganjar Jaringan Jawara Banten Agus Suparman mengatakan mesin pompa air ini diberikan untuk mengairi sawah milik warga yang mengalami kekeringan agar terhindar dari gagal panen.

"Karena puluhan hektare sawah di desa ini mengalami kekeringan, kami berinisiatif sebagai relawan memberikan bantuan ini agar bisa bermanfat bagi masyarakat Desa Buyut Mekar," ujar dia dalam siaran persnya, Jumat (11/8).

Agus menjelaskan pemberian dua unit mesin pompa ini bertujuan mengantisipasi cuaca ekstrem yang belakangan ini terjadi. Menurut dia, mesin pompa air ini dapat mengaliri air dari sungai ke puluhan hektare sawah petani di desa tersebut.

"Ada dua unit mesin pompa air. Bagi petani, bantuan ini sangat bermanfaat sekali karena sudah beberapa bulan di sini mengalami kekeringan. Mata pencaharian mereka kan bertani. Jadi, mereka membutuhkan ini untuk mengaliri air ke sawah-sawah mereka," ucapnya.

Selain mengatasi kekeringan, Agus berharap mesin pompa ini membantu meningkatkan produksi pertanian dengan ketersediaan air yang cukup.

"Harapannya, petani bisa memaksimalkan bantuan dari kami, memelihara dan menjaga mesin ini agar terus bermanfaat bagi mereka," ungkapnya.

Sukarelawan Gardu Ganjar memberikan bantuan berupa mesin pompa air kepada para petani yang ada di Lebak, Banten.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News