Garuda Indonesia Gaet Empat Bank Swasta

Garuda Indonesia Gaet Empat Bank Swasta
Garuda Indonesia Gaet Empat Bank Swasta

jpnn.com - JAKARTA - Setelah bekerjasama dengan tiga bank pada Februari 2015, PT Garuda Indonesia kini memperluas kemitraan lindung nilai (hedging) dengan empat bank swasta sekaligus. Yakni, PT Bank Internasional Indonesia, PT Bank Mega, ANZ Indonesia dan Standard Chartered Bank Indonesia.

Kemitraan lindung nilai tersebut dilakukan melalui mekanisme cross currency swap tahap dua oleh empat bank dengan total nilai Rp 1 triliun. Sesuai porsinya, keempat bank itu akan membayarkan kewajiban Garuda Indonesia, selaku penerbit obligasi.

Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo menjelaskan, transaksi cross currency swap merupakan bagian dari strategi Quick Wins perseroan untuk rebound di tahun 2015. Nah, dengan transaksi tersebut, Garuda dapat mengurangi risiko melonjaknya biaya operasional akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

"Tujuan kemitraan lindung nilai adalah untuk memitigasi risiko yang dapat terjadi akibat fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dan sebaliknya. Sebab, biaya operasional penerbangan seperti pembelian avtur, maintenance pesawat dan sewa pesawat dibayarkan dalam mata uang dollar AS," ujar Arif di kantor Garuda, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Selasa (14/4).

Adapun efisiensi dari transaksi cross currency swap tahap dua ini dilakukan selama masa tenor 3,3 tahun. Totalnya, diperkirakan mencapai sebesar USD 16,4 juta. Di samping itu, kerjasama ini juga sebagai bentuk komitmen Garuda untuk menindaklanjuti imbauan pemerintah,terkait kebijakan umum dalam transaksi lindung nilai BUMN.

"Dengan dipatoknya nilai tukar rupiah terhadap USD, pembayaran rupiah untuk biaya operasional dalam USD menjadi stabil dan kegiatan operasional perusahaan dapat lebih konsisten," katanya.

Sementara itu, Presiden Direktur BII Taswin Zakaria mengatakan, kemitraan ini merupakan wujud nyata dukungan industri perbankan kepada korporasi. Khususnya, BUMN dalam mengelola pinjaman khususnya dalam memitigasi risiko nilai tukar.

“Bagi BII, kemitraan ini selaras dengan strategi kami untuk mendukung BUMN strategis, khususnya Garuda Indonesia sebagai BUMN terkemuka di bidang transportasi udara dengan memberikan layanan dan solusi terbaik kepada mitra bisnisnya," tandasnya. (chi/jpnn)


JAKARTA - Setelah bekerjasama dengan tiga bank pada Februari 2015, PT Garuda Indonesia kini memperluas kemitraan lindung nilai (hedging) dengan empat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News