Selasa, 21 Mei 2019 – 11:38 WIB

Garuda Naikkan Tiket, Tarif LCC Terkerek

Jumat, 18 Januari 2019 – 19:41 WIB
Garuda Naikkan Tiket, Tarif LCC Terkerek - JPNN.COM

Garuda Indonesia. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisioner Ombudsman Republik Indonesia Alvin Lie menilai kebijakan Garuda Indonesia dalam menentukan tiket telah menimbulkan efek berantai terhadap maskapai lain. Pengamat penerbangan itu menuturkan, selama ini harga tiket Garuda telah menjadi acuan atau price leader bagi maskapai lain.

Menurut Alvin, ketika Garuda menaikkan harga tiket maka tarif low cost carrier (LCC) terkerek. "Pada saat Garuda pasang subclass tertinggi ini, yang lain-lain juga ikut naik," katanya belum lama ini di Jakarta.

Mantan legislator Partai Amanat Nasional (PAN) itu lantas membuat tamsil. Sebagai contoh adalah Aqua yang memimpin bisnis air mineral dalam kemasan.

Menurut Alvin, ketika harga Aqua naik maka produk sejenis bermerek lain pun dibanderol lebih mahal. Sebaliknya ketika harganya turun, maka merek lainnya akan ikut.

Lebih lanjut Alvin mengatakan, tarif penerbangan yang saat ini tinggi dan dikeluhkan masyarakat tidak akan terjadi jika Garuda menurunkan harganya.

“Karena kalau Garuda membuka subclass yang rendah sementara maskapai lain tidak, pasti (pelanggan) akan lari juga ke Garuda," pungkas Alvin.(rmo/jpg)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar