Gawat! Indonesia Masuk Daftar Hitam Badan Antidoping Dunia, Ini Dampaknya

Gawat! Indonesia Masuk Daftar Hitam Badan Antidoping Dunia, Ini Dampaknya
Logo Badan Antidoping Dunia (WADA). Foto: WADA

jpnn.com, MONTREAL - Kabar mengejutkan datang usai Badan Anti-doping Dunia (WADA) menyebut Indonesia tidak patuh dalam penegakan anti-doping.

Dilansir Reuters, selain Indonesia terdapat Thailand dan Korea Utara yang masuk daftar hitam WADA.

Dalam pernyataannya, WADA menyampaikan Indonesia dan Korea Utara tidak patuh menerapkan program pengujian anti-doping yang efektif. Sementara Thailand disebut tidak menerapkan standar anti-doping yang selama ini ditetapkan.

Hal itu membuat ketiga negara tersebut terancam tidak bisa menggelar kejuaraan internasional baik regional, dunia maupun kontinental selama masa penangguhan. Tidak hanya itu, Indonesia, Thailand, dan Korea Utara juga tidak berhak untuk duduk di dewan komite.

Jika sanksi ini benar diterapkan oleh WADA, Indonesia masih bisa mengikuti gelaran internasional, tetapi tidak diperbolehkan membawa nama dan mengibarkan bendera seperti yang dilakukan Rusia pada ajang Olimpiade Tokyo 2020 lalu.

Saat itu, kontingen Rusia terjun dengan nama Russian Olympic Committee (ROC).

Tidak hanya itu, jika sanksi ini diberlakukan untuk Indonesia, kemungkinan gelaran event FIBA Asia Cup 2021 batal terlaksana di Jakarta. (reuters/mcr16/jpnn) 

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Kabar kurang sedap datang usai Badan Antidoping Dunia (WADA) menyebut Indonesia tidak patuh dalam penegakan anti-doping.


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News