JPNN.com

Gawat! Kasus Pertama COVID-19 Kabupaten Ini ada di Lapas, Langsung jadi Klaster

Jumat, 29 Mei 2020 – 09:59 WIB Gawat! Kasus Pertama COVID-19 Kabupaten Ini ada di Lapas, Langsung jadi Klaster - JPNN.com
Ilustrasi Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, SIJUNJUNG - Setelah dua bulan tak memiliki kasus positif COVID-19, Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat akhirnya bukan lagi zona hijau dan menjadi daerah terakhir di Ranah Minang yang diserang virus corona.

Pertahanan itu jebol pada Rabu (27/5) lalu, setelah hasil tes swab labor sebanyak 30 sampel yang diambil sebelumnya di Lapas Kelas II B Muaro, Sijunjung.

Dari tes tersebut, delapan orang di antaranya positif Covid-19.

Ya, kasus pertama COVID-19 di Sijunjung langsung membentuk sebuah klaster.

Infeksi pada satu kelompok dengan satu kejadian kesehatan yang sama, yang terjadi dalam area dan waktu yang sama.

Dari hasil swab tes, delapan orang yang dinyatakan positif tersebut merupakan petugas Lapas Kelas II B Muaro Sijunjung.

Informasi itu pun menyebar dengan cepat. Petugas medis dan tim gugus tugas penanganan COVID-19 Sijunjung langsung bergerak dan melakukan tracking serta pengambilan tes swab lainnya di Lapas.

“Sebanyak 253 sampel tes swab berdasarkan hasil tracking dilakuka. Umumnya di lingkungan Lapas, termasuk warga binaan. Atau orang yang kontak langsung dengan delapan orang yang telah dinyatakan positif sebelumnya,” kata Rizal Efendi, Kadis Kominfo Sijunjung, sekaligus juru bicara gugus tugas COVID-19 Kabupaten Sijunjung, seperti dikutip dari Posmetro Padang, Jumat (29/5).

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adek