Gawat, Rencana Amerika Ini Berpotensi Memicu Krisis Nuklir Baru di Eropa

Gawat, Rencana Amerika Ini Berpotensi Memicu Krisis Nuklir Baru di Eropa
Ledakan nuklir. Ilustrasi/foto: YouTube

jpnn.com, MOSKOW - Rencana Amerika Serikat memindahkan persenjataan nuklirnya dari Jerman ke Polandia berpotensi memicu krisis baru di Eropa.

Wakil Menteri Luar Negeri Pertama Rusia Vladimir Titov mengingatkan Amerika Serikat untuk tidak menempatkan senjata nuklirnya di Polandia. Dia menegaskan bahwa Moskow pasti mengambil tindakan balasan jika AS tetap nekat.

"Apapun potensi militer yang dikerahkan di wilayah Polandia yang dapat mengancam negara kami, otoritas Rusia yang kompeten akan memberikan respons menyeluruh," kata Titov kepada kantor berita RIA Novosti dalam sebuah wawancara, Kamis (11/6).

Pada 14 Mei lalu, mantan duta besar AS untuk Jerman Richard Grenell menulis sebuah artikel yang menyatakan bahwa sekarang adalah saatnya bagi Jerman untuk mempertahankan komitmen kepada para sekutunya. Salah satu cara yakni melalui investasi berkelanjutan dalam pembagian nuklir NATO.

Pada hari berikutnya, Duta Besar AS untuk Polandia Georgette Mosbacher  mengomentari artikel tersebut. Dia menulis dalam akun Twitter-nya bahwa jika Jerman ingin mengurangi kapabilitas nuklirnya dan melemahkan NATO, maka mungkin AS kemungkinan akan memilih Polandia sebagai rumah baru. 

Menurut Titov, pernyataan Mosbacher tersebut merupakan reaksi terhadap debat politik internal di Jerman mengenai kebutuhan menimbun persenjataan nuklir asing di wilayahnya.

"Menekan mitra dan mengadu domba sekutu dengan yang lain bukanlah tindakan konstruktif," sindir Titov. (xinhua/ant/dil/jpnn) 

Wakil Menteri Luar Negeri Pertama Rusia Vladimir Titov mengingatkan Amerika Serikat untuk tidak menempatkan senjata nuklirnya di Polandia


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News