Gedung Baru Bareskrim Bakal Berlantai 17, Begini Cerita Pak Buwas

Gedung Baru Bareskrim Bakal Berlantai 17, Begini Cerita Pak Buwas
Kapolri Jenderal Tito Karnavian (nomor 2 dari kanan) dan Kepala BNN Komjen Budi Waseso (nomor 2 dari kiri) dalam acara groundbreaking pembangunan gedung baru Bareskrim di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (20/4). Foto: Elfany Kurniawan/JawaPos.Com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso punya andil besar dalam mewujudkan pembangunan gedung baru bagi Bareskrim Polri.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian bahkan menyatakan, tanpa kegigihan Buwas -panggilan Budi Waseso- belum tentu BAreskrim Polri segera punya gedung baru yang mentereng.

Buwas pun bercerita soal itu. Semasa masih menjadi Kabareskrim, jenderal polisi asal Pati, Jawa Tengah itu memang getol memperjuangkan gedung baru bagi korps elite di Mabes Polri tersebut.

“Saya memang menginisiasi,” ujarnya saat menyampaikan kata sambutan pada peletakan batu pertama pembangunan gedung baru Bareskrim di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (20/4). “Di kala saya menjadi Kabareskrim, ternyata banyak sekali permasalahan di internal Bareskrim.”

Buwas menuturkan, kondisi saat itu seperti sedang berebutan dan bergantian dalam menggunakan ruang untuk melakukan pemeriksaan. Apalagi Bareskrim juga harus menyimpan dokumen-dokumen penting.

"Penyimpanan arsip yang begitu bertumpuk karena memang ruangannya tidak ada. Kemudian kami lihat juga tahanan yang sudah terlalu penuh karena memang tidak memadai,” beber mantan Kapolda Gorontalo ini.

Buwas menambahkan, kondisi gedung Bareskrim sebelum dibongkar sudah sangat tidak layak dan kusam. Gedung berlantai empat itu sudah rusak di bagian atapnya.

“Berbahaya dan sudah mulai retak-retak. Sehingga pada saat itu saya bercerita kepada Pak Presiden terus saya berharap beliau hadir melihat sendiri gedung Bareskrim pada saat itu,” tutur Buwas.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso punya andil besar dalam mewujudkan pembangunan gedung baru bagi Bareskrim Polri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News