Gegara Gagasan Irjen Iqbal, Pejabat Kemenkes Lapor ke Kapolri dan Menkes Budi

Gegara Gagasan Irjen Iqbal, Pejabat Kemenkes Lapor ke Kapolri dan Menkes Budi
Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI dr Maxi Rein Rondonuwu melihat proses input data oleh Batalion PCARE di Polres Lombok Tengah, Selasa (19/10). Humas Polda NTB

jpnn.com, JAKARTA - Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI dr Maxi Rein Rondonuwu mengaku penasaran dengan cara penanganan covid-19 yang dijalankan Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal.

Kapolda NTB itu menggagas konsep PCARE yakni teknik percepatan vaksinasi sekaligus penginputan data ke dalam sistem.

Maxi pun mendatangi Polres Lombok Tengah untuk melihat Batalion PCARE.

"Saya datang ke sini karena ingin langsung melihat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi NTB lebih spesifik, saya ingin melihat Batalion PCARE," terangnya usai melihat proses input data oleh Batalion PCARE di Polres Lombok Tengah, Selasa (19/10).

Maxi mengaku kagum dengan metode yang dibuat dalam percepatan vaksinasi di Lombok Tengah.

Dia menilai batalion tersebut merupakan solusi keterbatasan jangkauan jaringan internet di Lombok Tengah.

"Ini adalah hal yang baik untuk membantu proses percepatan vaksinasi, karena kami tahu bahwa NTB banyak terdapat gunung dan salah satu hambatannya adalah keterbatasan jaringan internet," jelasnya.

Di samping itu, Maxi juga melihat Batalion PCARE terdapat pegawai Dukcapil sehingga mempercepat pendataan warga yang sudah divaksinasi.

"Hal ini sudah saya laporkan kepada pimpinan termasuk kepada Kapolri dan juga Pak Menteri, menurut saya ini sangat baik dan tepat sekali dijadikan solusi," ungkap dia.

Oleh karena itu, dia mengharapkan terobosan tersebut bisa diikuti oleh daerah lainnya di Indonesia.

Maxi sendiri mengaku sudah membagikan hal tersebut kepada Kepala Dinas Kesehatan di seluruh provinsi.

"Saran kami untuk semua daerah agar selalu berkolaborasi dan bekerja sama dengan TNI-Polri, swasta, dan organisasi kemasyarakatan yang ada di daerah masing-masing," tutupnya.

Dalam acara tersebut, hadir juga Kabid Humas Polda NTB Kombes Artanto, Plh Kabid Dokkes Polda NTB, Wadir Intelkam Polda NTB, Wadir Reskrimsus Polda NTB, Karumkit Bhayangkara Mataram, Dandenkesyah Mataram, dan Karumkit Tk.IV Wira Bhakti Mataram. (tan/jpnn)


Dr Maxi Rein Rondonuwu mengaku penasaran dengan dengan cara penanganan covid-19 yang dijalankan Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal, yakni Batalion PCARE