Gegara Hal ini, Ganjar Pranowo Didoakan jadi Capres Oleh Santri di Kalbar

Gegara Hal ini, Ganjar Pranowo Didoakan jadi Capres Oleh Santri di Kalbar
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat rapat di kantornya. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, KALIMANTAN BARAT - Para santri yang tergabung dalam jaringan Santri Dukung Ganjar (SDG) menggelar acara doa bersama 'Damai untuk Negeri'  Senin (12/9).

Dalam acara ini sekaligus menyuarakan figur pemimpin yang tepat untuk kemajuan Indonesia, Ganjar Pranowo.

Koordinator Wilayah (Korwil) SDG Kalbar, Andi mengatakan, program Ekotren yang digagas dan dijalankan Ganjar bersama jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng, terbukti bisa memajukan perekonomian pesantren.

Terlebih lagi, terdapat inovasi 'Toko Santri Gayeng' (Tosaga) dalam sistem Ekotren.

"Beliau memiliki segudang program untuk para santri di Jawa Tengah yang tujuannya untuk meningkatkan ekonomi dengan memberdayakan ponpes lewat Ekotren. Salah satunya adalah Toko Santri Gayeng untuk memajukan perekonomian pesantren," kata Andi di Pondok Pesantren Al Mizan, Jalan Raya Entikong, Balai Karangan, Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalbar.

Tosaga diluncurkan dan diresmikan pada 2019 lalu, bertepatan dengan Hari Santri Nasional (HSN).

Saat peresmiannya, Ganjar melalui Pemprov Jateng membuka 10 unit Tosaga yang tersebar di wilayah Kabupaten Rembang, Pati, Demak, Semarang, dan Temanggung.

Di Tosaga yang disediakan Ganjar, santri bisa berdaya dengan beragam produk karyanya masing-masing. Misalnya air minum kemasan, makanan ringan, beragam kerajinan, hasil perkebunan, dan peternakan.

Berbagai upaya dilakukan Ganjar Pranowo untuk membangkitkan perekonomian lewat kekuatan kerakyatan di Jateng.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News