Gegara Teori Konspirasi Konyol Kolega, Dubes Tiongkok Disemprot Pemerintah Amerika

Gegara Teori Konspirasi Konyol Kolega, Dubes Tiongkok Disemprot Pemerintah Amerika
Dubes Tiongkok Cui Tiankai dipanggil Departemen Luar Negeri AS, Jumat (13/3). Foto: CHRIS KLEPONIS / AFP

jpnn.com, WASHINGTON - Sebuah teori konspirasi mengenai asal usul wabah virus corona berpotensi memicu ketegangan diplomatik antara Amerika Serikat dan Tiongkok. Teori tersebut menyebutkan bahwa virus corona dibawa ke Tiongkok oleh tentara Angkatan Darat AS.

Saat ini sebenarnya banyak teori konspirasi mengenai virus corona yang beredar di internet, dan sebagian besar tidak dianggap serius oleh publik. Namun, teori satu ini menimbulkan kehebohan lantaran diutarakan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Zhao Lijian.

Lewat Twitter, Zhao mengisyaratkan bahwa orang pertama yang terinfeksi virus corona adalah seorang tentara AS yang mengikuti Pekan Olahraga Militer Dunia di Wuhan pada Oktober tahun lalu.

"Bisa jadi tentara Amerika yang membawa virus corona ke Wuhan. Transparanlah! Publikasikan data Anda! Anda wajib menjelaskan kepada kami!," tulis Zhao di akun Twitter pribadinya, Kamis (12/3).

Akibat cuitan yang bikin heboh media sosial tersebut, Dubes Tiongkok Cui Tiankai dipanggil Departemen Luar Negeri AS, Jumat (13/3). Dia diminta menjelaskan sikap resmi Tiongkok terkait pernyataan Zhao tersebut.

"Tiongkok sedang berusaha mengalihkan perhatian dunia dari fakta bahwa mereka berperan memulai sebuah pandemi global," ujar seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS kepada AFP.

"Menyebarluaskan teori konspirasi adalah tindakan berbahaya dan konyol. Demi kebaikan warga Tiongkok dan dunia, kami ingin memastikan pemerintah mereka paham bahwa perilaku semacam ini tidak bisa ditoleransi," lanjut pejabat tersebut.

Juru bicara Kemenlu Tiongkok Geng Shuang dalam pernyataan tertulis yang diterima ANTARA, Sabtu (14/3), tidak membenarkan atau menyangkal cuitan koleganya yang bikin AS kesal tersebut.

Sebuah teori konspirasi mengenai asal usul wabah virus corona berpotensi memicu ketegangan diplomatik antara Amerika Serikat dan Tiongkok

Sumber AFP

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News