Gejala Serangan Jantung yang Harus Anda Ketahui

Gejala Serangan Jantung yang Harus Anda Ketahui
Sekretaris Jendral MPR RI Ma'ruf Cahyono (2 dari kanan) membuka acara penyuluhan kesehatan jantung di ruang GBHN, Kompleks Parlemen DPR/MPR/DPD. Foto: MPR

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jendral MPR RI Ma'ruf Cahyono membuka acara penyuluhan kesehatan jantung di ruang GBHN, Kompleks Parlemen DPR/MPR/DPD, Senayan, Jakarta, Senin (23/10).

Acara tersebut ditujukan bagi unit kerja Sekjen MPR dan Dharma Wanita Sekjen MPR.

Menurut Ma'ruf, penyuluhan dengan tema Penunjang Bantuan Hidup Dasar Untuk Awam itu sangat penting karena menyangkut organ paling vital.

Apalagi, dari tahun ke tahun, orang yang terkena serangan jantung dan gagal jantung terus meningkat.

"Tugas di MPR tidak hanya menyangkut kesehatan fisik, melainkan juga nonfisik. Yakni, psikis. Orang sering mengalami sport jantung dan stres terkait pelayanan aktivitas dan lingkungan kerja. Kita harus tahu bagaimana tindakan preventif dan antisipasinya seperti apa," kata Ma'ruf.

Sementara itu, spesialis jantung dari divisi rawat internsif dan kegawatan kardiovaskular Pusat Jantung Nasional RS Harapan Kita Dian Zamroni mengatakan, serangan jantung bisa terjadi pada semua orang.

"Tidak tergantung usia, postur tubuh atau jenis kelamin," kata staf pengajar departemen kardiologi dan kedokteran vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu.

Lelaki berisiko lebih tinggi sakit jantung ketimbang perempuan. Sebab, hormon estrogen yang dimiliki perempuan akan memproteksi jantung dan pembuluh darah.

Sekretaris Jendral MPR RI Ma'ruf Cahyono membuka acara penyuluhan kesehatan jantung di ruang GBHN, Kompleks Parlemen DPR/MPR/DPD

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News