Gelar Fashion Show, Menaker Hanif Ingin Populerkan Kain Sarung

Gelar Fashion Show, Menaker Hanif Ingin Populerkan Kain Sarung
Perayaan Hari Sarung Nasional yang bertema "Sarung is My New Denim" di kantor Kementerian Ketenagakerjaaan, Jumat (1/3). Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Suasana kantor Kementerian Ketenagakerjaan pada Jum'at (1/3) pagi, tak seperti biasanya. Perayaan Hari Sarung Nasional yang bertema "Sarung is My New Denim" berlangsung dengan meriah.

Menaker M Hanif Dhakiri, pejabat eselon I, II dan III Kemnaker secara bergiliran berlenggak-lenggok di halaman kantor Kemnaker dengan mengenakan kain sarung/kain khas Nusantara di atas karpet merah yang digelar

Disaksikan ratusan pegawai Kemnaker yang juga mengenakan kain sarung dan berdiri di sisi karpet merah, Hanif Dhakiri, Sekjen Khairul Anwar, Dirjen PHI Jamsos Haiyani Rumondang, Dirjen Pengawasan K3 Sugeng Priyanto, Dirjen Binalattas Bambang Satrio Lelono secara bergiliran bagaikan peragawan / peragawati bergaya berjalan di atas catwalk.

Dalam sambutannya, Menteri Hanif mengatakan, pihaknya ingin mempopulerkan kain sarung sebagai salah satu busana nasional Indonesia. Semakin populer dan dikenalnya sarung serta diminatinya sarung oleh generasi milenial, maka akan menimbulkan dampak ekonomi dan lapangan kerja akan luar biasa.

"Hari ini kami sarungan bersama dalam acara bertema Sarung is My New Denim. Selama ini Denim identik dengan jeans. Hari ini kita berbagai macam ragam dari jenis kain. Indonesia kaya betul dengan berbagai macam kain sarung, berbagai macem jenis dan bentuk. Ini jadi potensi ekonomi dan budaya," ujarnya.

Hanif menambahkan sejarah sarung sangat panjang. Tapi sekilas, sarung sejak dulu digunakan oleh kaum nasionalis dan santri. Tapi lambat-laun, hanya kaum santri saja yang mengenakan sarung dan tiba-tiba sarung dianggap kampungan atau ndeso.

"Sarungan bukan ndeso atau kampungan. Sarungan itu keren. Kita harus keluarkan sarung dari citra negatif dan dianggap hanya mewakili kelompok tertentu. Sarungan ini untuk semua orang karena sarungan bagian dari budaya nasional," ujarnya.

Menaker Hanif juga mengajak pegawai Kemnaker untuk mengenakan sarung setiap hari Jum'at. "Monggo di Kemnaker, tiap hari Jumat pakai sarung, itu tak masalah. Saya tidak akan mewajibkan untuk bersarung tapi kalau hari Jumat pakai sarung, kami kasih jempol," kata Hanif seraya memperagakan jari jempolnya ke hadapan pegawai Kemnaker dan disambut tepuk tangan.

Perayaan Hari Sarung Nasional yang bertema "Sarung is My New Denim" berlangsung dengan meriah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News