Gelar HAPPI, KLHK Berupaya Mengendalikan Perubahan Iklim

Gelar HAPPI, KLHK Berupaya Mengendalikan Perubahan Iklim
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar perayaan Hari Aksi Pengendalian Perubahan Iklim (HAPPI) 2018. HAPPI diselenggarakan mulai hari ini, Rabu (24/10) hingga besok, Kamis (25/10) di Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jakarta.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya. Kemudian dilanjutkan dengan seminar dan diskusi terfokus terkait pengendalian perubahan iklim.

Siti mengatakan pengendalian perubahan iklim merupakan pekerjaan multisektor sehingga berbagai pihak harus ikut berperan dalam mengurangi laju kenaikan suhu antara dua derajat celcius hingga 1,5 derajat celcius.

“Perubahan iklim masih menjadi prioritas dunia. Isu ini tidak berhenti dibahas dalam forum-forum dunia termasuk forum IMF-World Bank yang baru saja berlangsung di Bali. Presiden Joko Widodo juga menyelipkan isu perubahan iklim dalam acara itu," kata Siti di Jakarta, Rabu (24/10).

Menurut Siti, kegiatan HAPPI memiliki topik beragam. Kemudian juga dihadiri oleh elemen kunci keberhasilan dalam upaya menahan kenaikan suhu bumi.

Salah satunya adalah dengan terus mengarusutamakan isu perubahan iklim hingga ke tingkat tapak. Caranya dengan terus memberdayakan Program Kampung Iklim (Proklim).

“Saat ini sudah ada 1.200 Proklim di seluruh Indonesia,” sambung dia.

Sementara itu, dalam acara pembukaan HAPPI, KLHK memberikan penghargaan kepada 137 pembina dan Proklim di tingkat provinsi, kabupaten, kota dan kelurahan/RW.

Siti mengatakan pengendalian perubahan iklim merupakan pekerjaan multisektor sehingga berbagai pihak harus ikut berperan dalam mengurangi laju kenaikan suhu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News