Gelar Kelana Indonesiana di Surabaya, Kemendikbudristek Libatkan Pelajar

Gelar Kelana Indonesiana di Surabaya, Kemendikbudristek Libatkan Pelajar
Balai Media Kebudayaan Kemendikbudristek menggelar Kelana Indonesiana bertema 'Budaya, Inspirasi, dan Eksplorasi' di Gedung Balai Budaya, Surabaya, Jumat (15/9/2023). Foto: Kemendikbudristek

jpnn.com, SURABAYA - Balai Media Kebudayaan (BMK) Kemendikbudristek menggelar Kelana Indonesiana bertema 'Budaya, Inspirasi, dan Eksplorasi' di Gedung Balai Budaya, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (15/9).

Kelana Indonesiana merupakan ajang sosialisasi untuk menjadikan kekayaan budaya Indonesia sebagai sumber inspirasi dan kreativitas sehingga terbentuk sebuah karya yang dapat ditayangkan melalui platform Indonesiana.TV.

Ajang Kelana Indonesiana melibatkan sejumlah pelajar, tenaga pendidik, kreator seni, dan komunitas budaya di Surabaya.

"Platform Indonesiana.TV dapat menyerap potensi yang dimiliki semua kalangan yang terinspirasi untuk memajukan kebudayaan. Dengan begitu kemunculan Indonesiana.TV yang diluncurkan Mendikbudristek sebagai Merdeka Belajar episode ketiga belas tidak sekadar sebagai hiburan namun juga mengedukasi," kata Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid dalam sambutannya.

Dia mengajak masyarakat menjadikan Indonesiana.TV sebagai platform bersama, bukan hanya dari profesional saja, apa yang bisa dikerjakan besama-sama ke depan.

"Satu-satunya cara melindungi budaya adalah terlibat di dalamnya,” lanjut Hilmar.

Kepala BMK Kemendikbudristek Retno Raswaty mengungkapkan bahwa Indonesiana.TV ingin mengajak masyarakat Indonesia melahirkan karya-karya segar yang terinspirasi dari budaya lokal sehingga karya tersebut ikut mengembangkan dan menjaga kebudayaan nasional.

"Platform Indonesiana.TV merupakan etalase sekaligus perpustakaan kebudayaan Indonesia yang terbuka bagi khalayak umum. Selain menjadi media tontonan bagi semua lapisan masyarakat Indonesiana.TV juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat informasi untuk kepentingan peningkatan khazanah kebudayaan Indonesia," kata Retno.

Balai Media Kebudayaan Kemendikbudristek menggelar Kelana Indonesiana bertema Budaya, Inspirasi, dan Eksplorasi di Gedung Balai Budaya, Surabaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News