Gelar Literasi Digital di Bogor, Kominfo-KWI Ajak Peserta Cerdas dan Bijak Dalam Bermedia Sosial

Gelar Literasi Digital di Bogor, Kominfo-KWI Ajak Peserta Cerdas dan Bijak Dalam Bermedia Sosial
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Keuskupan Bogor menggelar kegiatan Literasi Digital di Hotel Onih, Bogor pada 27 Agustus 2023 lalu. Foto: Dok Kominfo

jpnn.com, BOGOR - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Keuskupan Bogor menggelar kegiatan Literasi Digital di Hotel Onih, Bogor pada 27 Agustus 2023 lalu.

Kegiatan yang mengusung tema Cerdas dan Bijak Dalam Bermedia Sosial ini diikuti oleh berbagai kalangan, yakni 250 orang peserta yang berasal dari berbagai Kongregasi dan Paroki lainnya di Keuskupan Bogor, 34 orang peserta yang berpartisipasi via Zoom dan 49 orang peserta yang berpartisipasi via YouTube.

Tujuan sasaran kegiatan ini untuk mengedukasi orang muda Katolik agar memiliki pemahaman tentang cerdas bermedia sosial, mengajak orang muda Katolik untuk cerdas bermedia sosial dengan membuat produksi-produksi konten yang berasaskan Pancasila dan mempersatukan, dan menciptakan jaringan kerja sama antar-Orang Muda Katolik untuk menjadi anak-anak bangsa yang menyebarkan konten-konten positif demi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dirjen Aptika Kemkominfo RI, Samuel Abrijani Pangerapan mengatakan masifnya penggunaan internet di Indonesia harus diakui membawa berbagai risiko seperti penipuan online, hoaks, cyberbullying, dan sebagainya.

Survei nasional Literasi Digital yang dilakukan pada tahun lalu menemukan bahwa saat ini indeks literasi digital masyarakat Indonesia masih berada pada angka 3,49 dari skala 5 yang artinya masih di kategori sedang, belum mencapai kategori baik.

"Maka peningkatan penggunaan teknologi perlu diimbangi dengan kapasitas literasi digital yang mumpuni agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan produktif, bijak, dan tepat guna," kata Samuel Abrijani.

Samuel juga mengatakan bahwa, angka ini perlu terus ditingkatkan dan menjadi tugas bersama untuk membekali masyarakat dengan kemampuan literasi digital agar selalu siap dalam mengawal percepatan transformasi digital nasional

"Hingga tahun 2021 lalu, program literasi digital ini telah berhasil menjangkau lebih dari 12 juta masyarakat di 514 kabupaten kota, pada 34 provinsi di seluruh Indonesia. Hal ini untuk meningkatkan kemampuan literasi digital sehingga masyarakat dapat cakap digital," jelasnya.

Kominfo bersama Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Keuskupan Bogor menggelar kegiatan Literasi Digital di Hotel Onih, Bogor pada 27 Agustus 2023 lalu..

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News