KKN Literasi Digital Menyasar Seluruh Sekolah di Wilayah Magelang 

KKN Literasi Digital Menyasar Seluruh Sekolah di Wilayah Magelang 
KKN Literasi Digital menyasar masyarakat dan seluruh sekolah di kabupaten/kota Magelang. Foto: dok. Kemenkominfo

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Universitas Tidar menyelenggarakan program KKN Literasi Digital.

Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan kemampuan individu dalam menggunakan teknologi digital dengan benar, termasuk dalam mengakses, mengevaluasi, menyaring, dan berkontribusi pada informasi yang tersebar di internet. 

Acara tersebut digelar sejak 25 Juli hingga 4 Agustus 2023 dengan menyasar 284 titik di kabupaten dan Kota Magelang.

Tercatat 1.407 mahasiswa yang melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan target total mencapai 14.200 orang dapat terliterasi. 

Saat ini sudah mencapai 8.000 orang lebih dan akan terus bertambah selaras dengan berjalannya kegiatan.

”Dari kegiatan tersebut, kami memahami bahwa pada saat ini media sosial sudah menjadi hal yang dibutuhkan dan tidak dapat terlepas dari kehidupan sehari-hari termasuk untuk warga desa di seluruh kecamatan yang ada di Magelang," tutur Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Tidar Eny Boedi Orbawati dalam keterangannya dikutip Jumat (4/8).

Dia menambahkan sosialisasi literasi digital penting diberikan supaya masyarakat desa juga dapat mengidentifikasi berita bohong, menjaga data pribadi masing-masing, dan dapat memanfaatkan teknologi digital dengan maksimal.

Dalam kegiatan tersebut, terungkap betapa pentingnya Literasi Digital, khususnya dalam kebiasaan bermedia sosial, menjelaskan dampak negatif yang terjadi terhadap perilaku anak akibat kecanduan menggunakan media sosial.

KKN Literasi Digital menyasar masyarakat dan seluruh sekolah di kabupaten dan Kota Magelang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News