Kemendikbudristek Tetapkan Sambas & Bengkayang sebagai Lokasi KKN Kebangsaan 2023

Kemendikbudristek Tetapkan Sambas & Bengkayang sebagai Lokasi KKN Kebangsaan 2023
Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Nizam menjelaskan bahwa KKN Kebangsaan hadir untuk membangun persahabatan dan persaudaraan nusantara. Foto Humas Diktiristek Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 951 mahasiswa dari penjuru nusantara hadir menyemarakkan pembukaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan XI di Stadion Universitas Tanjungpura.

Para mahasiswa ini merupakan peserta KKN Kebangsaan XI yang akan diterjukan ke desa-desa yang menjadi sasaran kegiatan di Kabupaten Sambas dan Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Nizam menjelaskan bahwa KKN Kebangsaan hadir untuk membangun persahabatan dan persaudaraan nusantara.

Selain itu, KKN Kebangsaan merupakan salah satu wahana bagi perguruan tinggi untuk bersama-sama mewujudkan tridarma perguruan tinggi melalui tindakan nyata bersama-sama membangun masyarakat.

Lebih lanjut, Nizam berpesan bahwa mahasiswa perlu membekali diri dengan ilmu-ilmu kehidupan. Ilmu ini diperoleh dengan interaksi langsung dengan berbagai kalangan masyarakat.

“Ilmu kehidupan didapatkan justru dari kampus kehidupan, dari petani, masyarakat di desa, buruh, kuli dan para pekerja lapangan. Di sanalah hadir kearifan, belajar tentang keuletan, disiplin, tanggung jawab,” tutur Nizam dalam keterangannya dikutip Sabtu (22/7).

Nizam juga berpesan kepada peserta KKN Kebangsaan untuk senantiasa membangun persahabatan, baik antarpeserta KKN maupun antara peserta KKN dengan Masyarakat. 

Selain itu, Nizam meminta supaya peserta KKN menghindari hal-hal negatif antara lain segala bentuk kekerasan baik fisik maupun seksual, intoleransi, dan penyalahgunaan narkoba.

Kemendikbudristek menetapkan Sambas dan Bengkayang sebagai lokasi tujuan KKN Kebangsaan 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News