Gelar Operasi Pangan, Kementan Berharap Harga Bawang Putih Stabil

Gelar Operasi Pangan, Kementan Berharap Harga Bawang Putih Stabil
Mentan Amran Sulaiman dalam operasi pasar bawang putih bersama Wakapolri. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar operasi pangan murah untuk menstabilkan harga pangan strategis, Minggu (5/5). Saluran distribusi pangan adalah Toko Tani Indonesia (TTI) untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok dan strategis untuk menghadapi Ramadan dan Idulfitri 2019.

Salah satu tujuan operasi adalah Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur. Tiga kontainer bawang putih atau sekitar 100 ton dikerahkan dalam kesempatan ini.

"Kami harapkan dalam waktu dekat harga bawang putih dan bawang merah kembali stabil dan normal kembali," kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat melepas Gelar Pangan Murah (GPM) di TTI Center, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (5/5).

Upaya stabilitasi harga pangan ini menurutnya perlu dilakukan agar masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pangan dengan harga terjangkau.

Sementara itu, Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi mengungkapkan, operasi ini secara bertahap sudah dilakukan di 100 titik lokasi yang bersinergi dengan pemerintah. Hal ini dilakukan mengingat harga bawang putih di Jakarta ada yang mencapai Rp 60 ribu.

"Melalui GPM yang kami lakukan, secara psikologis telah menurunkan harga bawang merah dan bawang putih," kata dia.

Menurutnya, operasi pangan adalah langkah awal mengendalikan harga di tingkat konsumen. "Melalui GPM, petani tetap memperoleh keuntungan, pedagang juga tetap memperoleh marjin keuntungan yang wajar, dan aksesbilitas masyarakat dalam memperoleh harga pangan terjangkau juga terpenuhi," ujar Agung.

Agung menerangkan, pihaknya dapat menjual berbagai komoditas pangan lebih murah karena diperoleh langsung dari petani, yang menjual kepada (Gapoktan) kemudian memasok ke TTI selaku pedagang eceran dan di pasar-pasar PD Pasar Jaya.

Operasi pangan ini secara bertahap sudah dilakukan di 100 titik lokasi yang bersinergi dengan pemerintah. Hal ini dilakukan mengingat harga bawang putih di Jakarta ada yang mencapai Rp 60 ribu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News