Gelar OSN-PTI, Kemdiknas Gandeng Pertamina

Gelar OSN-PTI, Kemdiknas Gandeng Pertamina
Gelar OSN-PTI, Kemdiknas Gandeng Pertamina
JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) kembali menggelar Olimpiade Sains Nasional Tingkat Perguruan Tinggi Indonesia (OSN-PTI). Ajang kompetisi sains antarmahasiswa ini telah diselenggarakan untuk keempat kalinya dan diikuti mahasiswa dari perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS). Ada empat bidang yang dilombakan yaitu bidang matematika, fisika, kimia, dan biologi.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas Illah Sailah mengatakan, kegiatan olimpiade ini menunjukkan animo kepada masyarakat bahwa bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA) bukan sesuatu yang dianggap sukar. Selain itu, kegiatan Ini juga untuk menggairahkan kepada calon mahasiswa bahwa bidang MIPA bukan sesuatu yang menakutkan dan sulit.

"Dengan cara penyajian olimpiadenya bukan hanya penalaran menghitung atau mengerjakan soal, tetapi juga ada problem solving yang nanti harus dipresentasikan. Hal itu akan menjadi lebih menarik bagi mahasiswa," terangnya usai menggelar telewicara dengan 21 universitas di Lantai 10 Gedung D, Kemdiknas, Jakarta, Rabu (7/9).

Kegiatan olimpiade ini merupakan kerjasama antara Universitas Indonesia dan PT. Pertamina (persero) dan didukung penuh oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas. Penyelenggaraan OSN-PTI terdiri atas tiga tahap yaitu pendaftaran, seleksi tingkat provinsi, dan seleksi tingkat nasional. Pendaftaran dilakukan secara online mulai tanggal 1 Agustus hingga 20 September 2011.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) kembali menggelar Olimpiade Sains Nasional Tingkat Perguruan Tinggi Indonesia (OSN-PTI). Ajang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News