Gelar Parade Kebinekaan, Ara Ajak Warga Hadapi Pengancam Pancasila

Gelar Parade Kebinekaan, Ara Ajak Warga Hadapi Pengancam Pancasila
Ketua Umum TMP Maruarar Sirait saat memimpin peserta Parade Kebinekaan Nusantara di Parung Panjang, Bogor, Minggu (27/8) mengucap ikrar untuk selalu mendukung dan menjaga Pancasila. Foto: YSA/RMOL

jpnn.com, BOGOR - Organisasi kemasyarakatan (ormas) kepemudaan Taruna Merah Putih (TMP) menggelar Parade Kebinekaan Nusantara di Parung Panjang, Bogor, Minggu (27/8). Ketua Umum TMP Maruarar Sirait dalam kegiatan itu mengajak puluhan ribu peserta parade mengucap ikrar untuk selalu mendukung dan menjaga Pancasila.

Dengan tangan mengepal, Maruarar bertanya tentang kesediaan peserta parade untuk melawan segala bentuk radikalisme yang mengancam Pancasila. "Apakah siap melawan segala bentuk radikalisme yang mengancam Pancasila?" ujar Maruarar bertanya dari atas panggung kepada peserta parade.

Pertanyaan itu langsung direspons dengan jawaban kor. "Siap…,” timpal puluhan ribu warga dengan mengepalkan tangan.

Ara -panggilan akrab Maruarar- pun terlihat bangga dan senang dengan jawaban itu. "Warga Kabupaten Bogor memang Pancasilais. Mari kita mem-Pancasilakan Indonesia," ajaknya.

Kegiatan itu juga dihadiri Ketua DPP PDI Perjuangan Sukur Nababan. Ada pula anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kabupaten Bogor, Adian Napitupulu.

Namun, peserta parade tidak hanya dari kader TMP ataupun PDIP. Misalnya, ada perwakilan dari Nahdatul Ulama (NU), GP Ansor, Banser, KNPI, Pemuda Pelopor, Karang Taruna, IPNU, IPPNuU,  FP4GN, Gema MA, BNNK, Damas, PIK-R, PPAPRI, Wiramuda Nusantara, PMII dan lain-ain.

Selain ktu, parade juga diikuti para guru dan pelajar sekolah serta pondok pesantren. Antara lain dari SMK Bina Putra Mandiri, Pondok Pesantren Modern Al-Hijrah hingga sekolah dasar yang ada di Kabupaten Bogor.

Maruarar juga mengatakan, setiap warga negara Indonesia harus selalu setia pada Pancasila. Dia juga mengajak semua kalangan untuk terus merawat pluralisme dan kebinekaan. 

Organisasi kemasyarakatan (ormas) kepemudaan Taruna Merah Putih (TMP) menggelar Parade Kebinekaan Nusantara di Parung Panjang, Bogor, Minggu (27/8).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News