Pemerintah Harus Jadi Teladan Masyarakat dalam Pengamalan Pancasila

Pemerintah Harus Jadi Teladan Masyarakat dalam Pengamalan Pancasila
Lambang Garuda Pancasila dan bendera Merah Putih. Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah harus menjadi teladan bagi masyarakat dalam pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Hal itu penting agar Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara terus berdiri tegak dalam membentengi bangsa dari ancaman radikalisme dan terorisme.

“Karena dari keteladanan pemimpin yang dapat menunjukkan bahwa mereka itu adalah pancasilais sejati, baru setelah itu rakyat akan mengikutinya. Sadarkan para pemimpin untuk dapat memimpin bangsa ini dengan baik, baru rakyat itu bisa sadar,” kata  Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh Yusni Saby, Kamis (24/8).

Menurutnya, kalau para pemimpin tidak bisa menunjukkan identitasnya sebagai pancasilais, rakyat juga tak akan mengikutinya.

“Kalau ada tindakan aparat yang perilaku perbuatannya bertentangan dengan Pancasila, maka dialah yang merusak Pancasila dan pengganggu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini,” ujarnya.

Menurut Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Aceh itu, saat ini masih saja ada para pemimpin yang belum dapat menegakkan Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Dirinya pun salut terhadap usaha Presiden RI, Joko Widodo yang membentuk Unit Kerja Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP-PIP).

“Ingat, rakyat kita ini ada 262 juta jiwa. Saya rasa tidak sampai lima juta jiwa untuk menjadi pejabat yang bisa bekerja dengan baik bagi rakyatnya di negeri ini. Di sinilah pentingnya pengamalan nilai-nilai Pancasila dibutuhkan,” tuturnya

Pemerintah harus menjadi teladan bagi masyarakat dalam pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News