Gelar Sosialisasi, Bea Cukai Sapa Mahasiswa di 2 Wilayah Ini

Gelar Sosialisasi, Bea Cukai Sapa Mahasiswa di 2 Wilayah Ini
Bea Cukai melalui unit vertikalnya terus berupaya meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai tugas dan fungsi melalui pemberian sosialisasi. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai melalui unit vertikalnya terus berupaya meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai tugas dan fungsi melalui pemberian sosialisasi.

Kali ini, dua unit vertikal Bea Cukai, yaitu Tanjung Emas dan Banyuwangi berkesempatan untuk memberikan sosialisasi kepada para mahasiswa di wilayah Semarang dan Banyuwangi.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar mengungkapkan Bea Cukai Tanjung Emas memberikan sosialisasi ke taruna dan taruni dari Program Studi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan, Akademi Pelayaran Nasional Surakarta, dalam agenda kunjungan studi, pada Selasa (21/11).

“Kunjungan studi ini merupakan salah satu kegiatan Kuliah Kerja Lapangan yang dilaksanakan oleh Akademi Pelayaran Nasional Surakarta. Kami memberikan pembekalan materi tentang proses kepabeanan dan ketatalaksanaan pelayaran niaga,” imbuhnya.

Sementara itu, Bea Cukai Banyuwangi berkesempatan memberikan edukasi kepada para mahasiswa Universitas PGRI, dalam rangka kegiatan Customs Goes to University, Selasa (21/11).

Bea Cukai Banyuwangi memberikan edukasi tentang pengenalan tugas dan fungsi Bea Cukai, barang kiriman, registrasi IMEI, dan waspada penipuan mengatasnamakan Bea Cukai.

“Bea Cukai mengemban empat fungsi penting dalam mendukung perekonomian dalam negeri, yaitu industrial assistance, trade facilitator, community protector, dan revenue collector,” ujar Encep.

Bea Cukai sebagai industrial assistance dan trade facilitator menunjukkan Bea Cukai berkomitmen untuk mengawasi, melayani, dan memfasilitasi perdagangan internasional.

Sementara itu, community protector menunjukkan peran Bea Cukai sebagai pelindung masyarakat agar terhindar dari barang-barang berbahaya atau ilegal.

Bea Cukai melalui unit vertikalnya terus berupaya meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai tugas dan fungsi melalui pemberian sosialisasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News