Gelar Workshop, Jamkrindo Dorong Literasi Keuangan UMKM di Indonesia Timur

Gelar Workshop, Jamkrindo Dorong Literasi Keuangan UMKM di Indonesia Timur
PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) menggelar workshop bertajuk 'Mengelola Laporan Keuangan bagi UMKM dan Sosialisasi Platform UMKM Layak' di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT)–Koperasi UMKM (KUMKM) di Palu, pada Selasa, (26/9). Foto dok Jamkrindo

jpnn.com, PALU - PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) menggelar workshop bertajuk 'Mengelola Laporan Keuangan bagi UMKM dan Sosialisasi Platform UMKM Layak' di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT)–Koperasi UMKM (KUMKM) di Palu, pada Selasa, (26/9).

Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Tengah Sisliandy Ponulele, Kepala Bidang dan Penanggung Jawab PLUT Provinsi Sulawesi Tengah Irfan, Pimpinan Cabang Jamkrindo Palu Akbar Utami, CEO Layanan UMKM Naik Kelas (LUNAS) Roy Baskoro, dan Tim Divisi Hubungan Bisnis Kelembagaan II PT Jamkrindo.

Di tempat terpisah, Wakil Kepala Divisi Hubungan Kelembagaan II PT Jamkrindo Anggit Murdiwibowo mengungkapkan workshop kali ini diikuti sekitar 40 peserta dari UMKM di Kota Palu.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah mensosialisasikan produk penjaminan dan akses pembiayaan bagi UMKM, disertai pelatihan pengelolaan laporan keuanagan dan pembuatan laba rugi dan neraca keuangan,” tutur dia.

Saat ini, kata Anggit, UMKM di Indonesia mengalami berbagai permasalahan utama yakni permodalan, distribusi produk, kualitas/kompetensi SDM, inovasi, optimalisasi pemasaran online, pencatatan keuangan, dan informasi terkait lembaga keuangan.

“Jamkrindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa penjaminan baik finansial maupun nonfinansial, hadir untuk mengatasi masalah-masalah tersebut,” kata Anggit.

Dalam workshop tersebut juga disosialisasikan plarform UMKM Layak dari Jamkrindo yang dapat diakses di alamat umkmlayak.co.id. Platform ini dirancang untuk mempertemukan para pelaku UMKM dengan lembaga keuangan sebagai pemberi pinjaman.

Hanya memerlukan empat langkah bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan layanan pembiayaan melalui platform ini, yaitu pertama mendaftarkan usaha di alamat yang. Kedua lengkapi data diri dan usaha.

PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) terus mendorong literasi keuangan untuk UMKM di wilayah Indonesia timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News