Gelombang Laut Kepri Capai 2,5 Meter

Gelombang Laut Kepri Capai 2,5 Meter
Gelombang Laut Kepri Capai 2,5 Meter
BATAM - Hingga akhir tahun 2011 gelombang air laut di perairan Kepulauan Riau diprediksi akan tinggi. Ini dikarenakan angin utara sedang bertiup melintasi wilayah Kepri. Khusus Batam tinggi gelombang air laut mencapai 2,5 meter yang sangat berbahaya bagi para nelayan tradisional.

Menurut Kasi Informasi dan Data BMKG Bandara Hang Nadim, Agus mengatakan gelombang tinggi di perairan Batam tidak akan menentu dan bisa berubah dengan cepat. Khusus untuk perairan sekitar Batam tinggi gelombang diperkirakan 2 meter, Perairan Batam-Tanjung Pinang tinggi 2,5 meter, perairan Karimun setinggi 2 meter, Perairan Singapura 2,5 meter.

Tingginya gelombang laut di perairan Batam ini selain karena faktor angin juga dipengaruhi ombak dari laut lepas. Saat ini kecepatan angin yang berhembus di perairan Batam sudah mulai kencang meski kecepatannya berubah-ubah. Ia mengatakan saat ini kecepatan angin minimal 27km/jam. "Batam itu kan sangat dekat dengan laut lepas yang biasanya ombaknya lumayan tinggi. Selain itu angin juga bisa sangat kencang," katanya seperti dikutip Batam Pos.

 

Tingginya gelombang air laut ini menurut Agus sangat berbahaya bagi para nelayan tradisional yang menggunakan perahu kecil untuk menangkap ikan. Ombak tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap kapal-kapal besar yang sedang berlayar. Meski demikian ia tetap menghimbau kepada semua kapal yang sedang berlayar untuk tetap berlayar.

BATAM - Hingga akhir tahun 2011 gelombang air laut di perairan Kepulauan Riau diprediksi akan tinggi. Ini dikarenakan angin utara sedang bertiup

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News