Kamis, 19 Juli 2018 – 15:03 WIB

Gemar Minum Kopi Bikin Payudara Mengecil?

Selasa, 10 April 2018 – 04:21 WIB
Gemar Minum Kopi Bikin Payudara Mengecil? - JPNN.COM

jpnn.com - Beberapa tahun lalu ada sebuah studi dengan hasil yang cukup menggegerkan yakni sering mengonsumsi kopi bisa membuat payudara wanita mengecil. Pasalnya, tak sedikit wanita yang setidaknya minum kopi 2-3 kali sehari.

Pada 2008, Universitas Lund di Swedia melakukan penelitian untuk mempelajari kaitan kopi dan kanker payudara pada 460 wanita. Hasil studi menunjukkan bahwa meminum kopi setidaknya tiga cangkir sehari bisa menurunkan risiko kanker hingga 33 persen.

Mereka juga menemukan bahwa perkembangan kanker payudara juga melambat dengan konsumsi kopi tinggi. Sedangkan perkembangan kanker payudara pada pasien yang jarang atau tidak mengonsumsi kopi sama sekali, tidak melambat.

Ada pula studi serupa yang melibatkan para peneliti dari Institut Karolinska, Swedia, melakukan penelitian terhadap 6.000 wanita berusia di atas 50 tahun. Ditemukan, bahwa mereka yang mengonsumsi lima cangkir atau lebih kopi per hari mengalami penurunan risiko kanker payudara hingga 57 persen pada wanita pasca menopause.

Lalu apakah kopi benar-benar bisa mengecilkan ukuran payudara?

Kopi diketahui berdampak baik terhadap payudara wanita. Tapi, hasil lain dari studi yang dilakukan di Universitas Lund berhasil membuat banyak wanita merasa was-was: minum kopi dapat memengaruhi ukuran payudara.

Wanita yang minum lebih dari tiga cangkir kopi per hari akan kehilangan rata-rata 8 persen volume payudaranya. Para peneliti percaya bahwa hal ini terjadi karena perubahan gen tertentu.

Studi menunjukkan, wanita yang minum tiga cangkir kopi atau lebih dalam sehari, memiliki ukuran payudara sekitar 17 persen lebih kecil dibandingkan wanita yang minum kopi kurang dari tiga cangkir sehari.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar